Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Ma'ruf Amin menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) 051 yang berlokasi di Jalan Deli, Lorong 27, RT 007 / RW 008, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, pada Rabu.

Ma'ruf Amin bersama istri Wury Estu Handayani tiba ke TPS 051 sekitar pukul 10.00 WIB, dengan menggunakan pakaian serasi warna putih. Ma'ruf menggunakan pakaian lengan panjang warna putih, dan sarung putih, tak lupa songkok hitam di kepalanya. Sebelumnya, Ma'ruf berangkat menuju TPS 051 dari Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat

Ma'ruf Amin menunggu dengan duduk di kursi yang disediakan TPS sebelum menggunakan hak pilihnya. Ma'ruf Amin tak lupa melambaikan tangan kepada masyarakat.

Sebelum berangkat ke TPS, Ma'ruf mengajak masyarakat Indonesia untuk segera menggunakan hak suara dalam Pemilu 2019.

"Saya mengajak semua masyarakat di Indonesia. Ini kan masih ada waktu sekitar 4-5 jam, jangan berleha-leha, ayo berangkat ke TPS menggunakan hak suara," kata dia di Rumah Situbondo, Menteng.

Ma'ruf mengatakan euforia mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden yang digelorakan sejak masa kampanye harus dikonversikan menjadi suara.

"Euforia mendukung tidak ada gunanya kalau mereka enggak datang ke TPS," ujar Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, setelah menggunakan hak pilihnya, Ma'ruf Amin tidak langsung kembali ke Menteng, tapi akan bersilaturrahmi dengan masyarakat di sekitar TPS di Kelurahan Koja.

"Saya sebelumnya, tinggal di Kelurahan Koja cukup lama, sehingga saya akan bersilaturrahmi dengan tetangga dan tokoh masyarakat di sana," katanya.

Kiai Ma'ruf memperkirakan, sebelum pukul 12.00 sudah pamit dari Koja, sehingga pada waktu sholat dzuhur, sudah berada kembali di kediamannya di Jalan Situbondo.

Pewarta: Asep Firmansyah, M Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019