Ada pelatihan terlebih dahulu. Begitu juga saat sudah di venue acara
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Dua ekor gajah betina asal Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Bogor, Iweng (50) dan Tati (27) membuat heboh para pengunjung acara "Bogor Fest 2019" di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Minggu.

Selain menghibur pengunjung, dua gajah yang ditunggani wanita cantik ini juga menyambut kedatangan Bupati Bogor Ade Yasin dan perwakilan kedutaan besar, yakni Duta Besar Republik Kuba, Nirsia Castro dengan cara mengalungkan bunga ke leher.

Iweng dan Tati kali ini tampil menghibur di tempat yang tidak biasanya.

Hal itu membuat tim TSI Cisarua Bogor membutuhkan waktu untuk memberikan pelatihan. Bahkan latihan masih dilakukan sampai keduanya tiba di Stadion Pakansari pada, Sabtu (6/4).

Humas TSI Cisarua Bogor, Yulius Suprihardo mengatakan, keduanya diangkut ke Stadion Pakansari Cibinong menggunakan mobil khusus milik TSI Cisarua Bogor.

Keduanya dipertunjukan ke pengunjung "Bogor Fest 2019" bersama penunggang dan pelatihnya, yang juga berasal dari TSI Cisarua Bogor.

"Ada pelatihan terlebih dahulu. Begitu juga saat sudah di venue acara," kata Yulius lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Rahmat Sudjana menjelaskan bahwa gajah asal TSI Cisarua Bogor itu dihadirkan atas kontribusi para stakeholder Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

"TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar. Hotel Seruni menampilkan Barong Bali. Dari Jungle Land menampilkan tim-tim kreatif," ungkapnya.

Sebanyak 40 kecamatan di Kabupaten Bogor Jawa Barat juga mempertunjukkan masing-masing kekhasan kesenian daerah masing-masing.  Rahmat menyebutkan pula ada sekitar 70 penampilan seni pada kegiatan yang digelar sejak pagi hingga sore hari itu.

Selain stakeholder swasta, sebanyak 16 kedutaan besar dari negara sahabat juga menghadiri kegiatan iyang dilakukan sebagai upaya menginformasikan kebudayaan Kabupaten Bogor ke masyarakat mancanegara.

"Untuk melestarikan budaya. Untuk mendatangkan wisatawan, kunjungan dari daerah-daerah lain. Baik nasional maupun internasional. Dengan mereka datang, mereka lihat dan menginformasikan ke masyarakat di negaranya," ujarnya.
 

Pewarta: M. Fikri Setiawan/M. Tohamaksun
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019