Timika (ANTARA) - Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), Kabupaten Mimika, Provinsi Papua memprogramkan peningkatan dua bandar udara  perintis di wilayah pedalaman tahun 2019.

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang di Timika, Rabu, mengatakan agenda peningkatan bandar udara (bandara) perintis tersebut akan dilakukan di dua tempat yaitu Bandara Jila di Distrik Jila dan Kampung Bela di Distrik Alama.

"April saya pastikan pekerjaan di sana sudah bisa berjalan baik di Bela maupun di Jila. Pekan lalu kami dari tim termasuk, Natan Kum dari PT Freeport Indonesia dan Ketua DPRD Mimika, Elminus Mom meninjau dua bandara tersebut," kata Abraham.

Menurut Abraham, kondisi dua bandara saat ini khususnya Bandara Bela, pesawat perintis belum bisa mendarat, karena baru dibuka sehingga perlu dilengkapi bagian-bagian yang masih kurang.

"Jila juga sama, kalau tidak salah pemkab sudah buka tetapi pekerjaanya tidak lanjut, sehingga LPMAK akan mendukung kelanjutan pekerjaan lapter di Jila itu," ujarnya.

Abraham berharap agar peningkatan bandara tersebut sesuai standar penerbangan sehingga mempermudah dan memperlancar transportasi masyarakat ke wilayah pedalaman.

"Hemat saya lapter ini akan sangat memberikan dampak baik kepada masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019