"Bollywood Night Party" hadirkan budaya India di Taman Budaya Jambi

Ilustrasi - Sejumlah penari asal India tampil dalam pentas tari Sapphire Dance Creations di Taman Budaya Bali, Denpasar, Bali, Rabu (19/12/2018). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/ama.)

Jambi (ANTARA) - Penampilan seni dan budaya India memeriahkan suasana Pesta Seni Nusantara 2019 "Jambi Bollywood Night Party" yang digelar di Taman Budaya Provinsi Jambi.

Kegiatan yang digelar pada Sabtu (23/3) malam itu dihadiri oleh Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Ketua Ikatan Keluarga Keturunan India (IKKI) Kota Jambi H Maulana.

Jambi Bollywood Night Party tersebut membuat suasana di taman budaya itu tampil beda. Pada kegiatan itu berkumpul keluarga keturunan India dan para penggemar seni dan budaya India.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara Pemprov Jambi dengan Kota Jambi dalam mengeksplorasi potensi yang ada di masyarakat, khususnya dalam bidang seni dan budaya.

Dalam malam pergelaran seni dan budaya India itu menjadi semakin semarak dengan kehadiran mahasiswa dari Institut Seni Indonesia Padang Panjang Sumatera Barat.

Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan seni budaya memiliki peranan penting dalam mempersatukan seluruh elemen masyarakat dan memiliki makna strategis dalam konteks persatuan dan kesatuan bangsa.

Gubernur Jambi Fachrori Umar yang juga selaku Dewan Pembina Ikatan Keluarga Keturunan India (IKKI) Provinsi Jambi, mengatakan seni dan budaya memiliki makna tersendiri bagi penikmat atau pencintanya yang mampu mempersatukan berbagai perbedaan maupun status sosial.

"Pokok pikiran kebudayaan daerah telah dirumuskan seluruh Indonesia dalam Rencana Induk Kemajuan Kebudayaan Nasional dan Daerah yang memperkaya khazanah kesenian serta kreatifitas generasi muda untuk menggali serta melestarikan seni dan budaya yang menjadi wadah pemersatu bangsa," kata Fachrori.

Seni dan budaya kata Fachrori juga memiliki berbagai aspek termasuk di dalamnya penguatan karakter bahkan dalam agama Islam juga terdapat seni membaca Alquran.

Fachrori mengatakan garis keturunan istrinya Hj Rahima dari pihak orang tua laki-laki juga mengalir darah India. "Ayah dari istri saya orang India," kata Fachrori.

Sementara itu, Wakil Walikota Jambi dr Maulana yang juga Dewan Pembina IKKI Kota Jambi mengatakan keberadaan keturunan India Jambi mengalir darah pejuang yang harus dilanjutkan bagi generasi penerusnya untuk membangun Kota Jambi.

"Kita semua warga Jambi harus semangat berjuang membangun Jambi dan di sini multi etnis," kata dr Maulana.

Ia mengapresiasi seni dan budaya India yang dipersembahkan pada malam tersebut yang menjadi bagian sinergitas pemerintah kota dengan provinsi.

Maulana juga mengakui dirinya keturunan India sedangkan istrinya keturunan Arab Malang.

"Banyak yang mengira istri keturunan India padahal saya yang keturunan India," kata dr Maulana dalam sambutannya.*

Baca juga: Kerala Samajam Indonesia giat peduli panti asuhan

 
Pewarta : Syarif Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019