Ratusan Relawan Cinta Ibu deklarasi dukung Jokowi di Riau

Ratusan Relawan Cinta Ibu deklarasi dukung Jokowi di Riau

Deklarasi Relawan Cinta Ibu mendukung Calon Presiden 01, Jokowi - Ma'aruf Amin di Pekanbaru, Minggu (24/3/2019) (Antaranews/ FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Ratusan anak muda yang menamakan diri Relawan Cinta Ibu mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'aruf Amin, di Kota Pekanbaru, Minggu.

Dengan mengenakan pakaian warna hitam dan putih, Relawan Cinta Ibu menggelar deklarasi dukungan itu di ball room Hotel Evo, Jln. Sudirman, Kota Pekanbaru. Para relawan itu mayoritas adalah pemuda-pemudi berusia sekitar 20 tahun, atau yang kini kerap disebut generasi milenial.

Kegiatan deklarasi ini ditandai dengan pengucapan ikrar yang diwakili oleh masih-masing koordinator Relawan Cinta Ibu kabupaten/kota.

"Dalam budaya manapun, ibu menempati posisi yang sangat terhormat. Pengorbanan dan perjuangan seorang ibu tak hanya karena secara kodrat telah melahirkan, tetapi juga berperan besar dalam merawat tumbuh kembang anak. Siapa pun kita, telah lahir dari rahim seorang ibu. Dan terus tumbuh-kembang dengan belaian kasih sayangnya," kata Supriyadi, menjelaskan nama gerakan Relawan Cinta Ibu.

Selain itu, ia mengatakan nama tersebut juga terinspirasi dari Ibu Sujatmi, ibu kandung Presiden Joko Widodo, sehingga diharapkan bisa menjadi penghormatan untuk beliau.

Menurut dia, banyak hal dari Ibu Sujatmi yang bisa diambil pelajaran bagi generasi milenial. Pengorbanan dan keikhlasan luar biasa dari Sujatmi dinilai telah berhasil mendidik anak-anaknya menjadi pribadi yang relijius, santun, ikhlas dan pantang menyerah. Salah satunya, Jokowi yang kini dipercaya memimpin Indonesia sebagai presiden.

Turun ke Masyarakat

Supriyadi mengatakan Relawan Cinta Ibu siap untuk turun ke masyarakat untuk mengkampanyekan keberhasilan dari Pemerintahan Presiden Joko Widodo selama lima tahun terakhir. Mereka akan datangi tiap rumah atau "door to door" (dari pintu ke pitu) bertemu warga Pekanbaru dan sekitarnya, terutama ibu-ibu.

"Sasaran kami tentu saja ibu-ibu. Karena ibu adalah jantung di dalam rumah tangga. Selain itu, sasaran kami juga kaum milenial," ucapnya.

"Kami yakin ihtiar ini juga akan melahirkan gerakan serupa di sejumlah daerah lain di Riau. Saya dapat kabar, temen temen di Rohul, Rohil, Bengkalis dan Inhil akan melakukan deklarasi gerakan serupa ini di daerah mereka masing masing," lanjut Supriyadi.

Selain itu, Relawan Cinta Ibu juga mengusung misi menangkal dan meluruskan berita bohong dan informasi hoaks, terkait pasangan nomor urut 01 yang berkembang di masyarakat.

Usai deklarasi, para relawan mendapat wejangan dan pelatihan bagaimana menyampaikan kampanye "door to door" ke masyarakat. Salah satu pematerinya yakni Ayunda Viviana Hanifa, salah satu pengusaha muda sukses di Riau.

"Awalnya saya juga mengira Relawan Cinta Ibu ini merupakan komunitas ibu-ibu. Ternyata isinya kaum milenial. Ini sungguh luar biasa. Anak muda kaum milenial yang berjuang menyebarkan virus kebaikan kepada kaum ibu. Hubungan interaksi ibu dan anak ini akan menciptakan persepsi positif," ujar Vivi.

Pewarta : FB Anggoro
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019