Jakarta (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra Pemprov DKI dalam pembinaan dan pengembangan seni kerajinan, berkomitmen untuk turut melestarikan warisan budaya.

"Di usia yang masih baru ini, kami  berkomitmen untuk membina perajin dan berjalan bersama melestarikan warisan budaya bangsa khususnya budaya Jakarta," kata Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati usai menggelar Perayaan HUT Dekranas ke-39 sekaligus memperingati usia Dekranasda DKI Jakarta ke-36 di Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu.

Acara dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari pengurus dan anggota, diantaranya peragaan busana oleh istri walikota dan kabupaten DKI Jakarta, bazar produk perajin dari enam wilayah dan kabupaten DKI Jakarta, lomba pantun, dan konferensi pers untuk memaparkan program Dekranasda DKI Jakarta sepanjang tahun 2019.

“Berbagai kegiatan kami siapkan untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi perajin Jakarta serta keterlibatan masyarakat dalam mendukung seni kerajinan," kata Fery.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan sepanjang tahun 2019 diantaranya terdiri dari 11 pameran, 23 workshop dan pelatihan dalam meningkatkan daya saing, manajemen usaha dan kreatif, serta kompetisi desain lifestyle Jakarta yang terbuka untuk masyarakat umum.

Dekranasda DKI Jakarta saat ini aktif membina 314 perajin Jakarta yang mengembangkan ragam motif khas Jakarta melalui berbagai seni kerajinan.

Bahan dasar kerajinan yang digunakan cukup bervariatif mulai dari kerajinan berbahan dasar batu alam, kayu, keramik, logam, material asli alam lainnya, serat alam, sampai dengan lembaran kain atau tekstil.

"Bahkan, beberapa perajin memanfaatkan limbah sebagai bahan dasar produknya," kata Fery.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019