DPRD Mimika tindaklanjuti pelantikan bupati-wabup terpilih

DPRD Mimika tindaklanjuti pelantikan bupati-wabup terpilih

Bupati Mimika-Wakil Bupati Mimika terpilih periode 2019-2024 Eltinus Omaleng (topi) - Johannes Rettob diapit pimpinan DPRD dan Sekretaris DPRD Mimika, Rabu (20/3). (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Kalangan DPRD Mimika, Papua segera menindaklanjuti proses SK pelantikan bupati-wakil bupati terpilih hasil Pilkada 2018 ke Gubernur Papua di Jayapura dan selanjutnya ke Menteri Dalam Negeri di Jakarta.

Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom di Timika, Rabu, mengatakan pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob telah ditetapkan KPU Mimika sebagai pemenang Pilkada Mimika yang digelar Juni 2018 sehingga secara resmi diumumkan oleh DPRD setempat.

"Hendaknya segala perbedaan selama proses Pilkada yang lalu kita lupakan dan selanjutnya semua pihak saling bahu-membahu membangun Mimika ke depan jauh lebih baik. Kemenangan pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob merupakan kemenangan seluruh masyarakat Mimika," kata Elminus Mom saat memimpin rapat paripurna istimewa DPRD Mimika tentang Pengumuman Penetapan Calon Terpilih Bupati-Wakil Bupati Mimika periode 2019-2024, Rabu.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan proses pelantikan dirinya bersama Johannes Rettob sebagai Bupati-Wakil Bupati Mimika terpilih periode 2019-2024 akan dilakukan pada 6 September 2019 bersamaan dengan berakhirnya masa waktu kepemimpinan Eltinus Omaleng-Yohanis Bassang.

"Proses pengusulan SK pelantikan kami sebagai bupati dan wakil bupati Mimika terpilih mulai dari sekarang oleh pimpinan DPRD Mimika ke Gubernur Papua di Jayapura dan selanjutnya ke Mendagri di Jakarta. Namun tanggal pelantikannya sudah pasti pada 6 September 2019, tidak boleh kurang dari itu," kata Omaleng yang terpilih kembali untuk periode kedua memimpin Kabupaten Mimika.

Menurut dia, proses Pilkada Mimika 2019 berlangsung aman, lancar dan damai, kendati diwarnai sedikit riak-riak kecil.

Proses Pilkada Mimika yang kondusif pada 2018 itu, katanya, tidak lepas dari peran serta tanggung jawab seluruh komponen masyarakat Mimika serta aparat TNI dan Polri.

"Kami meminta masyarakat Mimika memberi dukungan penuh kepada kami supaya bisa membawa Mimika ke arah yang jauh lebih baik. Lupakan segala amarah dan saling membenci, mari kita sama-sama bangun Mimika sebagai rumah bersama kita semua," ajak Omaleng.
Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019