KPU nilai komite damai bekerja dengan sangat baik

KPU nilai komite damai bekerja dengan sangat baik

Komisioner KPU Ilham Saputra . (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Jakarta (ANTARA) - Komisioner KPU RI Ilham Saputra menilai komite damai yang terdiri dari unsur KPU, Bawaslu, TKN dan BPN, sudah bekerja dengan sangat baik dalam debat ketiga Pilpres 2019.

"Komite damai ini bekerja sangat baik sekali menurut saya. Dari awal sampai akhir debat dikomunikasikan, sehingga tak muncul friksi-friksi atau konflik yang dapat menganggu jalannya debat," kata Ilham seusai debat ketiga Pilpres di Jakarta, Minggu malam.

Pada debat kedua Pilpres terjadi insiden kericuhan berupa protes yang dilayangkan timses di arena debat. Hal ini membuat KPU membentuk komite damai yang bertugas mengantisipasi terjadinya kericuhan serupa.

Menurut Ilham, keberadaan komite damai ini akan dipertahankan pada debat keempat dan kelima mendatang.

"Pasti dipertahankan, karena debat berjalan efektif. Tidak ada konflik, tidak ada friksi antara dua pasangan calon," ujar dia.

Lebih jauh Ilham menyampaikan keputusan mengurangi jumlah undangan dalam arena debat juga membuat debat berjalan lebih kondusif.

Meskipun demikian KPU bersama Bawaslu dan timses kedua pasangan calon tetap akan mengevaluasi penyelenggaraan debat ketiga Pilpres, guna menghadirkan debat keempat dan kelima yang jauh lebih baik lagi.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.
 
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019