BMKG terus mengimbau masyarakat setempat agar selalu meningkatkan kewaspadaannya, terutama mereka yang tinggal di lokasi yang rawan bencana tanah longsor
Banjarnegara, Jateng (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa akan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang, terutama pada sore hingga malam hari.

"Ada potensi hujan dengan intensitas lebat pada sore hingga malam hari yang bersifat merata di hampir seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Senin.

Kecamatan yang dimaksud antara lain Banjarmangu, Banjarnegara, Batur, Bawang, Kalibening, Karangkobar dan juga Madukara.

Selain itu, Kecamatan Mandiraja, Pagedengan, Pagentan, Pandanarum, Pejawaran, Punggelan, Purwonegoro, dan lain sebagainya.

 Kondisi hujan, menurut prakiraan BMKG akan berlangsung antara pukul 13.00 hingga 19.00 WIB.

 "Untuk itu, BMKG terus mengimbau masyarakat setempat agar selalu meningkatkan kewaspadaannya, terutama mereka yang tinggal di lokasi yang rawan bencana tanah longsor," katanya.

Hal tersebut disampaikan mengingat sejumlah wilayah di Kabupaten Banjarnegara merupakan wilayah yang rawan bencana tanah longsor.

Dia menjelaskan, berdasarkan analisa curah hujan, pada dasarian I tanggal 1-10 Februari 2019, curah hujan di sebagian wilayah Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya pada umumnya memiliki curah hujan kriteria tinggi.

 "Yakni sekitar 151 - 300 milimeter pada dasarian pertama," katanya.

 Sementara pada dasarian II tanggal 11-20 Februari 2019, tambah dia, berpeluang terjadi curah hujan dengan kategori menengah 76-150 milimeter.

Dia menjelaskan, meskipun tren curah hujan mengalami penurunan namun masih ada potensi cuaca ekstrem di wilayah setempat.

"Kami mengingatkan masyarakat di wilayah Banjarnegara untuk tidak panik, namun harus selalu waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, tanah longsor, dan juga angin puting beliung," katanya.

Baca juga: Curah hujan meningkat, warga Banjarnegara-Jateng diimbau waspadai longsor

Baca juga: BMKG Banjarnegara kembali ingatkan potensi cuaca ekstrem

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019