Jakarta (ANTARA News) - Kelurahan Pademangan Barat telah merampungkan pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019 yang menghasilkan 165 usulan yang diterima, 57 persen di antaranya diteruskan pada Musrenbang tingkat kecamatan.

Sekretaris Lurah Pademangan Barat RM Ruspandi mengatakan, 57 persen usulan yang teruskan berjumlah 91 usulan. Sedangkan Sedangkan usulan yang dianggarkan dan ditolak masing-masing berjumlah 37 usulan.

"Usulan diteruskan berarti akan dibahas kembali di tingkat kecamatan, usulan dianggarkan berarti bisa dikerjakan tahun 2019 ini dan usulan ditolak berarti tidak dapat diusulkan," kata Ruspandi, saat ditemui di Kantor Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (14/2).

Dia menjelaskan usulan tersebut menyangkut sembilan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), seperti Sudin Bina Marga, Sudin Sumber Daya Air (SDA), Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Pariwisata, Sudin Pemuda dan Olahraga, Sudin Gulkarmat, Sudin Pendidikan, Sudin Perhubungan, dan Sudin Perindustrian dan Energi. Termasuk usulan menyangkut Kelurahan Pademangan Barat.

"Paling banyak usulan masuk ke Sudin SDA ada 60. Disusul Sudin Bina Marga, ada 59 usulan. Usulan itu rata-rata perbaikan jalan dan saluran," paparnya.

Dia berharap, usulan yang diteruskan ke tingkat kecamatan dapat terealisasi pada 2020 mendatang. Namun begitu, usulan harus melalui proses pembahasan tingkat kecamatan, kota dan provinsi terlebih dahulu.

"Usulan yang diteruskan ini sudah benar-benar sesuai apa yang dibutuhkan warga. Kami berharap usulan dapat direalisasi 2020 mendatang," tutupnya.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019