Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Besar Harto Karyawa beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta menyatakan kesiapannya untuk mewujudkan keamanan ibu kota.

"Tadi kami membicarakan banyak hal, tapi kaitannya semua adalah bagaimana kami bisa bekerja sama lebih baik. Sehingga, institusi Pemprov dan Kostrad bisa sama-sama memastikan Jakarta sebagai ibu kota aman, damai dan kondusif," kata Anies usai mengadakan pertemuan bersama Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Besar Harto Karyawa di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan tugas Kostrad yang amat strategis membutuhkan dukungan dari Pemprov DKI Jakarta.

Begitupun sebaliknya, Kostrad berkomitmen untuk membantu berbagai program dan kegiatan Pemprov DKI Jakarta, termasuk dalam menyukseskan Pemilu 2019.

"(Kami) tidak ada (pembicaraan) yang khusus dalam artian ancaman, tidak ada. Kami berbicara misalnya sama-sama berada di kawasan Monas," kata Gubernur.

Bagaimana kawasan Monas menjadi kawasan tempat seluruh masyarakat merasakan kebersamaan, interaksi bersama dan sesuai dengan rancangannya.

Jadi, berdiskusi seputar itu. Tapi, tidak ada sebuah spesifik keamanan, mengenai potensi masalah. Diharapkan Jakarta aman, tenang, damai selama dua bulan ke depan, sampai masa yang akan datang, katanya.

Sementara itu, Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto mengungkapkan rasa terima kasih atas penerimaan hangat dari Gubernur Anies beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta.

Besar Harto menambahkan bahwa terdapat tugas strategis Kostrad dalam mengantisipasi titik rawan keamanan di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta.

"Keberadaan Kostrad di DKI Jakarta ini memberikan arti juga, memberikan tugas-tugas mengamankan Ibu Kota sebagai kota pusat pemerintahan dan juga sebagai kota ekonomi, dan kota sosial," katanya.

Menurutnya, hal itu patut dijaga keamanannya, situasinya, dan Kostrad siap untuk mengamankan itu bila terjadi hal-hal yang membutuhkan kehadiran Kostrad untuk mengamankannya.

Baca juga: Anies pastikan semua objek penting Ibu Kota aman

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019