Jakarta (ANTARA News) - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memimpin Safari Kebangsaan VII menyusuri wilayah selatan Jawa Barat untuk mengkonsolidasikan kekuatan pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Hasto yang bersama Juru Bicara TKN Jokowi-KH Ma'ruf, Ahmad Basarah dan Tim KH Ma'ruf Amin, Habib Sholeh Almuhdar, akan melakukan konsolidasi ke Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, serta Kabupaten dan Kota Bogor.

"Kami memang memberikan perhatian khusus kepada Jawa Barat ini," kata Hasto saat konferensi pers di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Kamis.

Baca juga: Partai politik anggota KIK konsolidasi pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur

Hasto menjelaskan di Cianjur akan konsolidasi jajaran dan struktural PDI Perjuangan, termasuk konsolidasi dengan partai politik yang tergabung di dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK), parpol pendukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Bertemu dengan partai Koalisi Indonesia Kerja untuk bersama-sama bergotong-royong memenangkan di Jawa Barat," kata Hasto yang juga Sekretaris TKN Jokowi-KH Ma'ruf Amin itu.

Dua wilayah lain yang dikunjungi adalah Kabupaten dan Kota Bogor, kata Hasto, pihaknya juga akan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat, khususnya tokoh pencak silat di Jawa Barat.

"Pencak silat menjadi hal khusus mengingat Proklamator RI Soekarno, pada 1957, mengadakan diplomasi kebudayaan dengan membawa pencak silat ditampilkan di dunia," kata Hasto yang juga menjabat Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf.

Selain itu, safari juga akan bersilaturahmi dengan sejumlah padepokan seni, kelompok petani, butuh dan kaum milenial.

"Ini seluruh segmen yang kami garap di Jawa Barat, yang betul-betul menunjukkan jati diri PDI Perjuangan sebagai kekuatan persatuan nasional, juga jati diri PDIP Perjuangan sebagai rumah kebangsaan Indonesia Raya," kata Hasto.

"Intinya, ini adalah integrasi safari politik untuk memenangkan Pak Jokowi dan Kiai Haji Ma'ruf Amin dan sekaligus memperkuat konsolidasi PDI Perjuangan bersama dengan Koalisi Indonesia Kerja," ungkap Hasto.

Safari Kebangsaan I-VI dilakukan sebelumnya dengan mengelilingi sejumlah wilayah di Indonesia. Dimulai dari Safari I yang menyusuri wilayah Pantura Jawa, lanjut Safari II menyusuri wilayah Pantai Selatan Pulau Jawa. Lalu Safari III menyusuri wilayah Banten, Safari IV menyusuri wilayah Sumatera Utara, Safari V menyusuri wilayah selatan dan timur Jakarta dan Safari VI pada pekan lalu menyusuri wilayah tapal kuda Jawa Timur. 

Baca juga: Parpol koalisi bahu membahu menangkan Jokowi-Ma'ruf di DKI

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019