Bandung (ANTARA News) - Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, mengatakan, jika terpilih sebagai wakil presiden akan menerapkan sistem program kerja  bidang pertanian yang sasarannya dapat memajukan dan mensejahterakan petani.

Ma'ruf Amin mengatakan hal itu dalam sambutannya ketika menghadiri deklarasi dukungan dari Relawan, di Desa Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat, Minggu.

Menurut Ma'ruf Amin, pertanian adalah salah satu program yang akan diterapkan, jika pasangan capres-cawapres nomor urut 01, memenangkan pemilu 2019. "Kami akan mengupayakan agar para petani dapat memiliki nilai tambah. Tidak hanya menjual bahan baku, tapi bisa mengolahnya dan menjual produk hasil olahan yang sudah memiliki nilai ekonomis lebih tinggi," katanya.

Mustasyar PBNU mencontohkan, petani kopi menjual hasil panen kopinya dalam bentuk kering seharga Rp75.000 per kg. Kopi tersebut, oleh orang asing diolah menjadi kopi bubuk dan dijual dalam bentuk kopi siap saji dengan merek tertentu, seharga Rp50.000 per gelas.

Padahal, kata dia, satu kg kopi kering dapat menjadi 60 gelas kopi siap saji, yang artinya orang asing dapat meraih omzet sekitar Rp3 juta, sementara petani hanya mendapat Rp75.000. "Karena itu, petani harus memiliki keterampilan dan harus enmgubah pola pikirnya untuk menaikkan nilai tambah," katanya.

Maruf Amin yang didampingi istrinya hadir ke Kampung Sukamaju, Desa Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong, tempat diselenggarakannya deklarasi. Kedatangannya  disambut oleh alunan salawatan dan komunitas  warga yang mayoritas kaum ibu.

"Terima kasih atas dukungan yang diberikan. Saya sangat bersyukur dan yakin bahwa kita bisa menang dan meraup suara tinggi di Jabar," ujarnya.

Maruf Amin juga mendapatkan dukungan dari warga Cigugurgirang, Parongpong, Bandung Barat, tepatnya dari relawan Moja 31 Cigugurgirang. 

"Saya bersyukur bisa mengunjungi  desa yang indah, nyaman, sejuk, dan menawan hati ini, sehingga membuat betah tinggal di sini. Saya percaya bukan hanya warga Cigugurgirang tapi warga Jabar semua 'ngahiji' di nomor hiji," katanya.

Menurut dia, warga negara  Indonesia mesti mendukung Jokowi karena,  Jokowi pantas didukung.  Jokowi memiliki visi yang akan membawa Indonesia maju dan sejahtera. Jokowi juga dinilai Maruf Amin sudah berbuat banyak sejak 2014, seperti pembangunan infrastruktur tol Transjawa, Sumatera, dan Papua.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019