Malang, Jatim, (ANTARA News) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, menyebabkan beberapa ruas jalan, khususnya yang menghubungkan wilayah Bululawang menuju Gondanglegi, terendam banjir.

Salah satu ruas jalan yang mengalami genangan cukup tinggi terjadi di Jalan Raya Krebet, dan Jalan Raya Sawunggaling, Kabupaten Malang yang berada di depan Pabrik Gula Krebet.

Daerah tersebut banyak dilalui kendaraan, baik kendaraan kecil maupun truk-truk kapasitas besar.

"Setiap hujan deras selalu banjir di jalan ini," kata salah seorang warga yang melintas di Jalan Krebet, Nurmala Sari (19).

Berdasarkan pantauan Antara, setidaknya ada empat titik genangan air di sepanjang Jalan Raya Krebet menuju Pasar Gondanglegi, Jalan Hayam Wuruk, Kabupaten Malang.

Akibat genangan tersebut, kendaraan yang melintas harus melaju perlahan dan kemacetan tidak terhindari, khususnya kendaraan yang akan menuju Kota Malang dari arah Gondanglegi, dan sebaliknya.

Genangan air di beberapa titik tersebut kurang lebih setinggi 5-10 centimeter dan cenderung membahayakan bagi kendaraan yang melintas khususnya kendaraan roda dua.

Selain ada genangan tersebut, kondisi jalan juga tidak rata cenderung bergelombang, dan bahkan ada yang rusak.

Dalam kurun waktu sepekan terakhir, hujan deras yang disertai angin kencang kerap kali melanda Kabupaten Malang. Tercatat, setidaknya ada puluhan rumah yang rusak akibat kejadian tersebut, dengan kerugian materiil mencapai puluhan juta rupiah.

Salah satu wilayah terdampak hujan deras dan angin kencang terjadi di Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, di mana 11 rumah warga rusak dan menyebabkan robohnya satu pohon besar yang menimpa kabel aliran listrik di desa tersebut.*


Baca juga: Diguyur hujan deras, ruas jalan di Kabupaten Malang terendam banjir

Baca juga: BPBD sebut Kota Malang dilanda 197 kejadian bencana


 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019