"Mereka sudah mendapatkan gratis tempat tinggal dan makan. Setelah lulus, kami tidak pernah menahan atau melarang mereka kembali ke masyarakat"
Jarum jam pagi itu telah menunjuk angka 7 waktu Kota Moyu,  wilayah barat China, tapi suasananya masih sangat gelap.

Jangankan mentari, fajar pun masih belum menyingsing. Namun, bayangan beberapa orang berbaris terlihat samar-samar. Lamat-lamat mereka menaiki bus satu-persatu.

Meskipun tidak sama persis dengan mobil tahanan seperti di Indonesia, teralis baja yang melapisi kaca jendela dan membatasi ruang kemudi, menjadikan bus itu tidak seperti biasanya.

Satu bus penuh penumpang lebih dulu keluar dari areal kamp pendidikan vokasi di salah satu daerah tertinggal di Daerah Otomomi Xinjiang, itu, Sabtu (5/1/2019) pagi.

Namun Antara masih bisa mencegat satu bus lainnya yang bersiap mengantarkan penghuni kamp pulang ke rumahnya di perdesaan yang berbatasan dengan Pakistan dan India itu.
 
Para peserta didik di kamp pendidikan vokasi di Hotan, Daerah Otonomi Xinjiang, mengikuti kelas menari, Sabtu (5/1/2019). ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/19


Sementara di dalam kamp, beberapa siswa-siswi sibuk dengan urusannya sendiri. Ada yang menari sambil bernyanyi, ada yang memainkan alat musik tradisional Uighur untuk mengiringi nyanyian berbahasa lokal yang mirip dengan bahasa Turki. Dan, ada pula yang sibuk mencorat-coret kanvas dengan kuas beraneka warna.

Beberapa lainnya, sibuk dengan urusan masak-memasak karena memang mereka sedang mempelajari ilmu tata boga.

Sebagian dari mereka sudah berdandan cantik layaknya pelayan hotel bintang lima dengan pakaian rapi dan formal.

"Sebelum ke sini, saya tidak bisa apa-apa," kata Adilla, siswi berusia 20 tahun, di sela-sela kesibukannya menata aneka penganan yang sebagian besar mengandung daging kambing dan daging sapi itu di ruang kelas memasak Kamp Moyu.

Di belakang dia, sekelompok pria mengenakan baju koki (chef) sibuk memasak. Ada yang membuat kue, ada yang mengiris sayur, dan ada yang mengaduk-aduk nasi di atas penggorengan besar.

Pada saat itu, terlihat  tidak ada yang kelihatan menganggur. Sekilas, aktivitas di pagi buta itu terkesan aneh, karena suasana sudah riuh rendah kala mentari pun belum beranjak.

Tapi menurut jadwal, mereka memang harus memulai kegiatan setiap hari pada pukul 06.00 waktu setempat (05.00 WIB) dan berakhir pada pukul 18.00.

Apalagi kalau melihat matahari di Moyu baru terbit pada pukul 09.00 (08.00 WIB), maka aktivitas mereka mulai pagi buta bukan hal yang aneh, meskipun situasi jalanan di luar kamp masih sangat sepi.

Belum sempat mencicipi masakan para peserta didik kamp, Antara sudah harus bergeser menuju Kota Hotan untuk mengunjungi kamp yang sama.

Hari mulai terang ketika sebagian siswa-siswi berpakaian olahraga melakukan aktivitas di lapangan basket depan ruang kelas utama kamp pendidikan vokasi di kota penghasil kurma itu. Selain menari, di kamp ini juga terdapat kelas keterampilan memangkas rambut dan pedikur-manikur.

Seorang siswi berusia 30 tahun melalui penerjemah berbahasa Mandarin menuturkan pengalamannya tinggal di desanya.

"Saya dipaksa pakai cadar dan dipengaruhi pikiran saya sebelum akhirnya ada beberapa orang yang menyelamatkan saya ke tempat ini," kata Pazilet Wubur, sambil sejenak menghentikan praktik riasnya. Pazilet berbicara dalam bahasa lokal Uighur.

Perempuan berambut keriting warna emas itu mengaku bisa menengok anaknya di desa setiap Sabtu selepas kelas praktik dan kembali ke kamp pada malam keesokan harinya.

Sama dengan para penghuni kamp lainnya, dia juga berharap dapat pekerjaan selesai menjalani program pendidikan bahasa Mandarin, konstitusi nasional, dan keterampilan.

Menurut dia, berbagai fasilitas yang tersedia di kamp vokasi Kota Hotan jauh berbeda dengan di desanya. Apalagi di kamp itu ada beberapa bilik telepon yang bisa digunakan secara cuma-cuma untuk menghubungi keluarganya.
 

Miskin

Sejauh ini model pembinaan di dalam kamp tersebut masih menimbulkan pro dan kontra. Aktivis internasional menyorotinya dengan berbagai alasan pelanggaran HAM karena ada indikasi model pelatihan dan pendidikan kejuruan di dalam kamp merupakan praktik pengekangan dan pengebirian.

Berkali-kali China membantah tuduhan itu dengan menyatakan bahwa lembaga itu didirikan sebagai upaya untuk membekali rakyatnya dari kelompok etnis minoritas Uighur yang sampai saat ini masih banyak hidup di garis kemiskinan.

Upaya memutus rantai paham ekstrem yang memicu serangkan konflik berdarah sepanjang 1992-2015 akan efektif jika dibarengi dengan peningkatan kapasitas diri, papar Gubernur Xinjiang Shohrat Zakir.

Masyarakat Uighur yang mendiami kawasan gurun di wilayah selatan Xinjiang hanya berpenghasilan 300 RMB hingga 600 RMB (Rp630.000 - Rp1.260.000) per bulan. Hal itu tidak saja menjadikan Xinjiang selatan jauh tertinggal dibandingkan dengan wilayah lainnya di China, melainkan juga sangat sulit bagi etnis Uighur untuk terentaskan dari jurang kemiskinan.

Sebagian masyarakat yang lulus dari kamp vokasi sudah bisa merasakan penghasilan 1.600 RMB hingga 2.000 RMB (Rp3.360.000 - Rp4.400.000) per bulan dengan bekal keterampilan yang didapatnya selama beberapa bulan.

Oleh karenanya, pemerintah China masih akan terus membangun lembaga-lembaga sejenis. Bahkan Shohrat menargetkan setiap kabupaten/kota di wilayah selatan harus punya satu lembaga sejenis.

Untuk kamp terkecil diproyeksikan menampung 300 orang hingga 700 orang, sedangkan terbesar 1.000 orang. Sampai saat ini di wilayah selatan terdapat sedikitnya 19 kamp sejenis.

Menanggapi pihak-pihak yang menyinyirinya, Shohrat justru mengundangnya untuk datang ke Xinjiang, asalkan didasari niatan yang baik dengan memberikan penilaian objektif sesuai dengan kenyataan di lapangan.

"Kami menyambut baik berbagai komunitas di dunia untuk melihat situasi yang sebenarnya. Kami juga berharap siapa saja yang datang tidak mencampuri urusan dalam negeri China dan persatuan nasional karena kami ingin membahagiakan masyarakat kami," katanya dalam pertemuan eksklusif dengan lima kantor berita asing, termasuk Antara, di Urumqi, Sabtu (5/1/2019).

Sebenarnya, hal yang tidak kalah penting dari pro dan kontra seputar isu kemanusiaan adalah kamp itu langkah konkret dari strategi China memperkuat perekonomian domestik dalam menghadapi perekonomian global, terutama di tengah rivalitas menghadapi dominasi Amerika Serikat.

Mereka tidak sekadar membangun kamp. Kawasan dan sentra industri di sekitar kamp sudah dipersiapkan sangat cermat dan prospektif bisnis.

Pabrik garmen di Desa Gazong, Kecamatan Xiaoerbage, tidak jauh dari kamp vokasi Kota Hotan salah satu contohnya.
Pabrik garmen di Desa Gazong, Kecamatan Xiaoerbage, yang tidak jauh dari kamp vokasi di Kota Hotan, Xinjiang, sudah siap menampung jebolan kamp vokasi. (M. Irfan Ilmie)


Mereka mempekerjakan hampir seratus perempuan terampil menjahit berbagai jenis dan model baju sesuai pesanan vendor. Sangat mungkin jika sebagian dari pekerja itu adalah jebolan kamp vokasi.

Namun hal yang lebih penting lainnya terkait pemenuhan spiritual para penghuni yang mayoritas etnis muslim Uighur karena di dalam kamp tersebut tidak ada sarana pendukung.

Sayang sekali Shohrat yang juga dari kalangan etnis muslim Uighur tidak memberikan jawaban secara spesifik pertanyaan Antara mengenai kekurangan fasilitas di dalam kamp dalam memberikan hak penghuni memenuhi kewajiban rohaninya.

"Mereka sudah mendapatkan gratis tempat tinggal dan makan. Setelah lulus, kami tidak pernah menahan atau melarang mereka kembali ke masyarakat," ujar Shohrat yang juga menjabat Deputi Sekretaris Partai Komunis China (PKC) Komite Xinjiang itu. 

Terlepas dari klaim Shohrat, keberadaan kamp tersebut memang memancing kontroversi.

Gay McDougall, anggota Komite PBB untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial, pada Agustus lalu, mengutip perkiraan bahwa 2 juta warga Uighur dan minoritas Muslim dipaksa masuk ke "kamp politik untuk indoktrinasi" di wilayah otonomi Xinjiang barat.

Dalam sebuah kutipan wawancara dengan Reuters ia menyampaikan keprihatinannya atas keberadaan kamp tersebut.

"Kami sangat prihatin dengan banyaknya laporan yang kredibel yang telah kami terima bahwa atas nama memerangi ekstremisme agama dan menjaga stabilitas sosial (China) telah mengubah wilayah otonom Uighur menjadi sesuatu yang menyerupai kamp  besar yang diselimuti kerahasiaan, semacam 'zona tanpa hak'," katanya pada awal pengajian reguler dari catatan HAM China, termasuk Hong Kong dan Makau.


Baca juga: Menyibak gelap lorong Kamp Vokasi Uighur Xinjiang (bagian 1)
Baca juga: Harapan etnis Uighur, peserta kamp vokasi Kashgar, Xinjiang


 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019