Cianjur (ANTARA News) - Volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, meningkat tajam, bahkan di beberapa titik terlihat antrean kendaraan tersendat hingga beberapa kilometer.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah di Cianjur, Senin, mengatakan meningkatnya volume kendaraan sudah terjadi sejak satu pekan yang lalu karena jumlah kendaraan pendatang yang masuk ke wilayah hukum Cianjur terus bertambah.

Peningkatan volume kendaraan terjadi dari arah Bogor menuju Cianjur atau sebaliknya dari Cianjur menuju Bogor. Sehingga pihaknya melakukan sejumlah rekayasa arus untuk menghindari macet total dari kedua arah.

"Berbagai rekayasa akan dilakukan untuk mengurai antrean yang semakin memanjang dengan laju tersendat. Bahkan upaya terakkhir dengan memberlakukan sistem satu arah, kalau antrean terus bertambah dan tidak bergerak," katanya.

Untuk memberikan pelayanan prima pada masyarakat, Polres Cianjur telah menyiapkan tim patroli, tim khusus (timsus) Satreskrim dan tim pengurai. Timsus Reskrim dilengkapi dengan personel penembak jitu, dan tim pengurai kemacetan bekerja mobile mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan di sejumlah titik rawan macet.

"Kami mengimbau masyarakat dan pengendara agar selalu meningkatkan kewaspadaan selama melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru. Untuk pengamanan akan dilakukan sejumlah titik rawan termasuk rawan kecelakaan dan kriminal," katanya.

Sementara itu, antrean kendaraan di sepanjang Jalur Puncak-Cipanas, sudah terjadi sejak Senin pagi hingga sore. Bahkan antrean kendaraan terlihat mengular dari arah Cianjur menuju Bogor.  

Puluhan petugas memberlakukan rekayasa arus dengan mengarahkan pengendara ke jalur alternatif yang ada.

Baca juga: Kendaraan di Tol Cikampek naik 23 persen pada H-3 natal
Baca juga: 103.180 orang kunjungi TMII dua hari libur Natal

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018