Secara konsep tidak ada perubahan di BP Batam, yang berubah hanya Kepala BP Batam dirangkap ex officio Walikota Batam
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono Moegiarso memastikan tidak ada perubahan struktur organisasi dari BP Batam, meski figur pemimpin dalam organisasi tersebut telah berubah.

"Secara konsep tidak ada perubahan di BP Batam, yang berubah hanya Kepala BP Batam dirangkap ex officio Walikota Batam," kata Susiwijono di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan aturan atau regulasi yang akan mengatur pelaksanaan rangkap jabatan kepala BP Batam secara ex officio Walikota Batam sedang disiapkan dan diharapkan selesai sebelum akhir 2018.

Susiwijono mengharapkan rangkap kepemimpinan ini bisa memberikan solusi yang efektif untuk mendukung pengembangan kawasan industri Batam kedepannya.

"Ini momentum penguatan serta mereview struktur organisasi. Saya optimistis, rangkap jabatan menjadi satu ini bisa memberikan kepastian kepada investor," katanya.

Sebelumnya, rapat kabinet terbatas pada Kamis (13/12) memutuskan Kepala BP Batam dijabat ex officio dengan Walikota Batam untuk memberikan solusi atas dualisme kepemimpinan yang terjadi di Batam.

Dengan demikian pengelolaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (KPBPB) Batam, tetap dilakukan BP Batam yang dipimpin ex officio Walikota Batam.

Tujuan awal pembentukan BP Batam ini untuk menyiapkan kawasan Batam, yang pernah menjadi kawasan Free Trade Zone (FTZ), sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Baca juga: BP Batam tidak bubar
Baca juga: Batam masa depan utama perdagangan dan logistik regional

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018