banjir juga merendam 72 hektare sawah di Desa Nusawangkal
 Cilacap, (ANTARA News) - Banjir menggenangi sejumlah desa di wilayah timur Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy.

 "Berdasarkan laporan sementara yang kami terima, banjir menggenangi sejumlah desa di Kecamatan Nusawungu. Tinggi genangan air di pekarangan rumah warga berkisar 20-40 centimeter, ada beberapa rumah yang sudah kemasukan air dengan ketinggian sekitar 10 centimeter," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa.

 Banjir tersebut hampir setiap tahun terjadi akibat limpahan air dari Sungai Bodo yang berada di perbatasan Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen.

 Menurut dia, genangan air juga dilaporkan terjadi di Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, serta Desa Doplang dan Adiraja, Kecamatan Adipala, yang termasuk daerah langganan banjir.

 "Berdasarkan laporan, genangannya masih normal. Kendati demikian, kami masih terus memantau perkembangan di lapangan dan mendata rumah-rumah warga yang terdampak banjir," katanya.

 Ia mengimbau warga Kabupaten Cilacap khususnya yang bermukim di daerah rawan banjir dan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut.

 Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan diprakirakan akan berlangsung pada bulan Januari hingga Februari.

 Dalam kesempatan terpisah, Kepala Urusan Pembangunan Desa Nusawangkal, Kecamatan Nusawungu, Rasikun mengatakan pihaknya masih mendata jumlah rumah warga yang tergenang banjir.

 "Namun diperkirakan ada ratusan rumah yang halamannya tergenang banjir terutama yang berada di dekat sawah dan merupakan daerah cekungan. Bahkan, sudah ada beberapa rumah yang kemasukan air," katanya.

 Menurut dia, banjir yang menggenangi Desa Nusawangkal tidak semata-mata disebabkan oleh hujan lebat, tapi  juga akibat luapan Sungai Kuniran yang bermuara di Sungai Bodo.

 Sementara itu, kata dia, air laut sedang pasang sehingga kondisi Sungai Bodo makin jenuh hingga akhirnya meluap.

 Selain menggenangi halaman rumah warga, lanjut dia, banjir juga merendam 72 hektare sawah di Desa Nusawangkal yang baru satu kali diolah oleh pemiliknya pascamusim kemarau.

 "Secara kebetulan sawah-sawah itu belum ditanami padi karena baru satu kali diolah. Memang ada sekitar lima orang yang baru menyiapkan persemaian," jelasnya.

 Salah seorang warga Desa Nusawangkal RT 03 RW 02, Sadiah mengatakan banjir yang menggenangi halaman rumahnya sudah berlangsung sekitar satu minggu dan sempat surut.

 "Namun sekarang genangan airnya tinggi. Alhamdulillah sekarang tidak sampai masuk rumah tapi kalau dulu sempat masuk sampai kisaran 30 centimeter," katanya. 

 Dari informasi yang dihimpun, selain di Desa Nusawangkal, banjir juga menggenangi Desa Klumprit, Kedungbenda, Karangsembung, Purwodadi, dan sebagian Desa Nusawungu, Kecamatan Nusawungu.

Baca juga: Wilayah Sukabumi diterjang longsor dan banjir
Baca juga: 750 keluarga terdampak banjir di Tasikmalaya


 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018