Ini agar lingkungan kerja dan lingkungan masyarakat kita benar-benar bersih dan aman dari aktivitas yang membahayakan ataupun merusak kita
Jakarta (ANTARA News) - Kantor Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melaksanakan tes urine bagi ratusan pegawai termasuk pejabatnya.

Tes tersebut dilakukan serangkaian  dengan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada seluruh pegawai BNPT usai upacara Hari Pahlawan di kantor BNPT, kompleks Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, Bogor, Senin.

"Ini agar lingkungan kerja dan lingkungan masyarakat kita benar-benar bersih dan aman dari aktivitas  yang membahayakan ataupun merusak kita," ujar Kepala Bagian Kepegawaian BNPT Suniah Setyawati membacakan sambutan tertulis Sekretaris Utama BNPT Marsma TNI A Adang Supriyadi.

Dikatakannya, jika pegawai BNPT mengetahui di lingkungan BNPT terjadi penyalahgunaan maka diminta untuk segera melaporkan kepada Kepala Biro Umum untuk selanjutnya diproses sesuai hukum yang berlaku. 

"Begitu juga kalau di masyarakat terjadi penyalahgunaan dan peredaran narkoba, pegawai BNPT yang mengetahuinya diminta untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang," katanya dikutip dari siaran pers.

Sementara Analis Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN Arif Riadi Arifin mengatakan penyalahgunaan narkoba dapat terjadi kepada siapa saja dengan berbagai faktor, termasuk faktor pertemanan. 

"Yang awalnya hanya mencoba menggunakan, tapi probabilitas ketergantungan narkoba setelah itu tinggi. Ini harus diwaspadai dan dikenali gejalanya di lingkungan sekitar," ujar Arif.

Ia berharap kemampuan untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba di kalangan pertemanan, diri sendiri, serta kesadaran akan bahayanya tumbuh di kalangan pegawai BNPT.
 

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018