Itu yang menjadi dasar penghentian pencarian
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bambang Suryo Aji meyakini sudah tidak ada lagi korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang akan ditemukan.

"Evaluasi terakhir, tim pencarian dan pertolongan gabungan sudah tidak menemukan korban. Itu yang menjadi dasar penghentian pencarian," kata Bambang yang dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Bambang mengatakan pencarian terakhir telah dipersempit pada lingkar 250 meter karena di luar area tersebut sudah tidak lagi ditemukan korban maupun pecahan tubuh pesawat.

Setelah melakukan pencarian selama 13 hari, tim pencarian dan pertolongan gabungan telah menemukan 196 kantong jenazah.

"Prosedur standar operasional Basarnas adalah pencarian selama tujuh hari, bisa diperpanjang tiga hari. Saat ini sudah perpanjangan tiga hari yang kedua dan sudah tidak lagi ditemukan korban," jelasnya.

Kepala Basarnas Muhammad Syaugi telah menyatakan pencarian korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 dihentikan secara terpusat pada Sabtu pukul 13.30 WIB.

"Operasi secara terpusat ditutup hari ini. Namun, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dan Bandung tetap siaga 24 jam," kata Syaugi dalam jumpa pers di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta. 

Pesawat Lion Air JT 610 dengan rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang hilang kontak pada Senin 29 Oktober 2018 dan diketahui jatuh di perairan Tanjung Karawang Jawa Barat. Pesawat tersebut membawa 189 orang terdiri dari penumpang dan awak pesawat.

Baca juga: Pencarian korban Lion Air JT 610 dihentikan
Baca juga: Kerabat korban JT 610 tegar saat terima jenazah


 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018