Jakarta (ANTARA News) -  Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Barat berupaya meningkatkan kualitas para wirausaha binaan yang tergabung di dalam komunitas makan dan minum (Komami) Kota Jakarta Barat.

"Kami mengadakan kegiatan kurasi hari ini (7/11) untuk para pelaku industri kecil menengah (IKM) untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh para pelaku IKM," ujar Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Kota Jakarta Barat Ery Ghazali di Jakarta, Rabu.

Kegiatan kurasi tersebut diikuti 65 peserta IKM, dan dalam kegiatan tersebut, para pelaku IKM Komami difasilitasi untuk pembuatan izin usaha.

"Sebetulnya lebih fokusnya kepada peningkatan kualitas produknya, tapi kita padukan juga dengan fasilitas perizinan supaya teman-teman nanti juga diberi kemudahan untuk pengurusan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil)-nya," kata Ery.

Ery memaparkan, dua fokus utama penilaian dalam upaya peningkatan kualitas produk makan dan minum yang dihasilkan IKM Komami adalah soal rasa, yang kedua adalah soal kemasan.

Nantinya, para peserta kurasi produk IKM akan mendapat pelatihan lebih lanjut untuk mengembangkan mutu dan pemasaran produk usahanya.

Selain meningkatkan daya jual produk, Pemerintah Kota Jakarta Barat melalui Sekretaris Kota Jakarta Barat Eldi Andi menekankan agar para wirausahawan binaan Sudin PE Jakarta Barat tidak lupa mencantumkan informasi kadaluarsa produk, agar secara kemasan produk hasil rumaham tersebut tampak baik dan layak dipasarkan.

"Kemasan itu harus betul-betul membuat konsumen terpikat, tertarik. Dan di luar atau di dalamnya harus ada jelas kontennya terbuat dari apa. Kemudian lagi waktu kedaluwarsa dan sebagainya," kata Eldi.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018