Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Jakarta Barat memfasilitasi ribuan pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengikuti seleksi pada Sabtu (27/10).

Kepala Suku Badan Kepegawaian Elvryana di Jakarta, Jumat mengatakan tes akan diikuti 614.414 CPNS dan dilaksanakan pada 27 Oktober-17 November untuk wilayah Jakarta Barat.

"Kami sudah siapkan ruangan di Kantor Wali Kota Jakbar atas permintaan BKN (Badan Kepegawaian Negara), di ruangan MH Thamrin untuk tes CAT, untuk sosialisasi di Ruang Ali Sadikin dan untuk ruang publik ada di area taman," ujar Elvryana.

Peserta tes CAT terdiri atas pendaftar CPNS yang akan mengisi formasi seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Mahkamah Agung, Dewan Ketahanan Nasional dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selama persiapan berlangsung, Koordinator Tim CAT Titik Mandiri Jakarta Barat Elin Cahyaningsih menyebutkan pihaknya telah mempersiapkan perangkat pendukung tes seperti komputer, instalasi jaringan dan listrik, termasuk beberapa perangkat cadangan.

"Ada 510 buah laptop, yang terpasang 504, namun untuk satu sesi ada 425 peserta. Jadi ada untuk cadangannya," ujar Elin.

Tak hanya perangkat, namun juga teknisinya. Elin mengatakan pihaknya juga telah mempersiapkan peta bagi para peserta menuju proses tes CAT melalui simulasi.

"Untuk jadwal sekarang BSSN ada 4 sesi. Setiap sesi 425 dan satu sesi terakhir hanya 163. Sesi berikutnya dari MA dan Pemprov DKI," kata dia.

Elin memaparkan tes CAT umumnya memakan waktu sekitar 3,5 jam. Untuk satu sesi, registrasi dan lainnya 125 menit dan waktu bersih tes sekitar 1,5 jam. 

Dalam satu hari tes CAT akan berjalan selama lima sesi. 

"Peserta diharapkan hadir satu jam sebelum mulai," ujar dia.  

Baca juga: 25.906 pelamar lulus seleksi administrasi CPNS DKI
Baca juga: Ada 2.919 formasi CPNS di DKI
Baca juga: BKD: 2.919 formasi CPNS di DKI

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018