Ternate, Maluku Utara (ANTARA News) - Perwakilan Kementerian Pertahanan Maluku Utara menggelar kegiatan bertajuk wujudkan semangat bela negara generasi muda untuk mendukung pertahanan negara yang tangguh.

"Saat ini, kami libatkan 100 orang Menwa utusan dari perguruan tinggi di Kota Ternate dalam melahirkan semangat cinta Tanah Air," kata pejabat perwakilan Kementerian Pertahanan Maluku Utara, Kolonel Marinir Rahmat Djunaidi, saat membuka pelaksanaan Sarasehan Pemberdayaan Pertahanan bagi Resimen Mahasiswa dan Mahasiswa Provinsi Maluku-Utara tahun 2018, bertempat di Kampus IAIN Ternate, Minggu.

Menurut dia, Sarasehan Bela Negara ini menggandeng Resimen Mahasiswa merupakan organisasi kemahasiswaan ditiap-tiap kampus yang dinaungi dalam keputusan bersama empat Kementerian, salah satunya ialah Kementerian Pertahanan.

Beberapa program yang dilaksanakan adalah pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan yang saat ini diselenggarakan bagi Menwa dan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Maluku- Utara.

Sarasehan yang diselenggarakan terkait dengan pertahanan negara khususnya di lingkungan pendidikan, dan nilai-nilai bela negara yang ingin disampaikan kepada generasi muda yaitu cinta tanah air dan rela berkorban.

"Pelaksanaan kegiatan sarasehan ini dapat diikuti oleh mahasiswa karena akan menjadi bekal bagi generasi muda di masa depan," ujarnya.

Djunaidi berharap mahasiswa setelah mendapat wawasan bela negara dalam sarasehan ini, bisa terus menyampaikan kepada mahasiswa yang lain termasuk generasi muda di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Sementara itu, Komandan Resimen Mahasiswa Maluku Utara, Tamrin Nan, mengatakan, sarasehan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan bela negara dalam diri mahasiswa.

"Selama ini masih ada rasa kesadaran dalam diri mahasiswa namun belum maksimal, sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah referensi wawasan kebangsaan dan nasionalisme dalam diri mahasiswa," ujarnya.

Oleh karena itu, melalui support yang diberikan oleh Menhan, maka diharapkan Resimen Mahasiswa mampu menjadi pelopor semangat bela negara.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018