Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengajak seluruh komponen masyarakat setempat untuk bersatu dalam perbedaan. 

"Sebagai Menteri Pertahanan saya mengajak untuk mencintai NKRI. Cinta itu juga harus dari bangga. Bangga itu juga dari ceramah-ceramah maupun kegiatan seperti ini. Saya sebagai Menteri Pertahanan melakukan tugas sesuai dengan undang-undang untuk bela negara," kata dia, di Lampung, Sabtu.

Ia katakan, pada hakikat manusia sebagai makhluk sosial bertujuan untuk mencapai tujuan hidup dengan keyakinan. "Tak selamanya cita-cita agung tercapai sendiri tapi harus dilakukan secara bersama-sama," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, mengambil contoh, negara Indonesia dulu untuk meraih kemerdekaan diperlukan persatuan dan kesatuan, oleh karena itu kita seharusnya bersatu dan bersama-sama berjuang.

"Artinya kebersamaan itu sangat penting dan saya ingin Lampung ini bersatu. Kita sebagai suku Lampung harus merasa bangga karena suku Lampung ini memiliki keberagaman tinggi. Buktinya suku Lampung memiliki aksara yakni bahasa tulis Ka Ga Nga," jelasnya.

Ia juga ingin menyadarkan dan mengingatkan kepada semua warga Indonesia, jika negara Indonesia ini merupakan negara yang terbesar di dunia.

"Penduduk kita sudah 260 juta jiwa, memiliki keragaman suku, agama, adat istiadat, bahasa yang berbeda. Bangsa kita memiliki 700 lebih suku dan bahasa daerah sebanyak 1.000 lebih. Kita ingin memang bahwa berbeda-beda tapi tetap bersatu dan saling menghormati," kata dia.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018