Jakarta (ANTARA News) - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) berkomitmen untuk melakukan berbagai terobosan dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan sebagai pusat pendidikan perwira TNI AL dalam bidang Keangkatanlautan dan kemaritiman.
 
"Seskoal dengan paradigma barunya sebagai Center Of Excelence On Naval and Maritime Science telah berkomitmen untuk melakukan berbagai terobosan dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan sebagai pusat pendidikan perwira TNI AL yang berstandar Internasional dalam bentuk kegiatan akademis, penelitian dan pengkajian dalam pengabdian pada masyarakat," kata Danseskoal Laksamana Muda TNI Amarulla Octavian, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu.
   
Menurut dia, konstelasi geografis, geopolitik dan geoekonomi Indonesia telah mewarnai pembangunan keamanan maritim untuk mewujudkan negara maritim yang berdaulat, maju, mandiri, dan kuat.
   
"Serta mampu memberikan kontribusi positif bagi perdamaian di kawasan dunia sesuai kepentingan nasional," kata Danseskoal.
   
Pada Kamis (20/9) lalu, Seskoal menyelenggarakan Seminar Maritim Nasional Seskoal Tahun 2018, dengan tema "Mewujudkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran Yang Optimal Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Poros Maritim Dunia", yang dilaksanakan di Gedung Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan.
 
Amarulla menambahkan dalam seminar nasional yang menghadirkan pembicara utama Menteri Koordinator Kemaritiman RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan itu diharapkan dapat menjadi media interaktif untuk memberikan pandangan, pengalaman, serta fakta di lapangan
 
"Sehingga dengan seminar ini dapat merumuskan penyelesaian masalah-masalah maritime secara komprehensif dan mengimplementasikan sesuai dengan hukum nasional dan Internasional yang berlaku," katanya. 
   
Dalam seminar itu, Luhut memaparkan mengenai "Pembangunan Ekonomi Maritim dan Kebijakan Meningkatkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran".
   
Sebagai Pembicara pada sesi pertama Kepala Staf Angkatan Laut yang diwakilkan Aspam Kasal Laksamana Muda TNI S Irawan, memaparkan materi langkah-langkah dan peran nyata TNI Angkatan Laut dalam mewujudkan keamanan maritim dan keselamatan pelayaran di wilayah perairan Indonesia yang dihadapkan dengan berbagai persoalan, sehingga mampu mewujudkan stabilitas keamanan maritim dan keselamatan bagi pengguna laut untuk mendukung visi pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018