Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyediakan wisata seni budaya Indonesia bagi para tamu Asian Games 2018 seperti atelt, delegasi, wartawan dan ofisial pada 25-26 Agustus.

Salah satu pemandu wisata jebolan Abang None Jakarta Ganjar Nugraha pada Rabu saat ditemui Antara di Jakarta mengatakan wisata pada 25 Agustus adalah menonton Wayang Orang Bharata di Kota Tua.

Sedangkan pada 26 Agustus wisata budaya Betawi ke Setu Babakan di Jakarta Selatan. "Wisata ini memang khusus untuk memperkenalkan budaya Indonesia, para tamu dapat mendaftar untuk mengikuti perjalanan ini," kata dia.

Wisata seni budaya itu dibuka menjadi dua perjalanan dalam satu hari, pertunjukan wayang orang diadakan dua kali yang pertama pukul 10.00 - 13.00 WIB, yang kedua pukul 14.00 - 19.00 WIB.

Sementara itu untuk pertunjukan budaya Betawi di Setu Babakan, dimulai pada 08.00 WIB hingga 13.00 WIB, perjalanan kedua dimuali pada 14.00 WIB hingga 17.00 WIB. 

Para tamu akan dijemput dari wisma atlet kemudian diantar ke tempat masing-masing, setelah selesai mereka akan diantarkan kembali ke wisma atlet.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disparbud DKI Asiantoro mengatakan pemberian paket wisata tersebut merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pihaknya untuk memperkenalkan seni dan budaya Betawi kepada tamu-tamu Asian Games.

"Selain itu, paket wisata itu juga diberikan untuk memberikan kesan yang baik dari tuan rumah kepada seluruh delegasi Asian Games, termasuk atlet dan ofisial," ujar Asiantoro.

Untuk memeriahkan kedatangan para delegasi itu, Dinas Parwisata dan Budaya akan menampilkan tarian massal khas Betawi di Setu Babakan yang terdiri dari 1.000 penari.

Selain pertunjukan tarian massal, dia mengungkapkan pihaknya juga akan menampilkan beberapa pertunjukan kesenian khas Betawi lainnya, yakni pencak silat dan Palang Pintu.

Pada hari biasa, mereka juga menyiapkan wisata lainnya untuk para tamu, seperti wisata sejarah yaitu dari wisma atlet ke Monumen Nasional kemudian ke Kota Tua, dan wisata belanja yaitu dari wisma atlet ke Semesco, atau dari wisma atlet ke Grand Indonesia.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018