Latihan nanti bagaimana cara bikin rumah yang tidak jatuh kalau gempa. Beli besi, seng, semen, kayu kaca dari uang itu. Jangan beli rokok dengan uang itu, jangan beli motor
Lombok (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membangkitkan kembali semangat warga korban gempa bumi di Lombok untuk bangkit membangun rumah dan sarana umum yang rusak akibat bencana alam sejak tiga pekan terakhir.

Di tenda pengungsian, Wapres JK mengajak para korban gempa di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat untuk bersemangat meneriakkan slogan Lombok Bangkit Kembali.

"Saya tentu turut berduka, yang meninggal dunia kita doakan semoga diterima Allah,dan Alhamdulillah yang bisa selamat tentu kita harus bekerja keras untuk bersama-sama memperbaiki keadaan, membangun kembali perumahan, membangun kembali ekonomi," kata Wapres di hadapan ribuan pengungsi di Lombok, Selasa.

Wapres mengatakan bencana alam yang terjadi di Lombok menjadi kesedihan bagi seluruh warga negara Indonesia. Oleh karena itu, JK mengajak seluruh warga Lombok untuk bergotong royong merekonstruksi dengan dibantu oleh Pemerintah Pusat.

Pemerintah memberikan bantuan uang bagi warga yang rumahnya rusak karena gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dana bantuan tersebut diberikan sesuai dengan kerusakan masing-masing rumah yakni rumah rusak berat sebesar Rp50 juta, rumah rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

Dana bantuan tersebut akan diberikan kepada warga korban gempa, yang jumlahnya akan terus diverifikasi oleh Pemerintah Provinsi NTB di bawah tanggung jawab Gubernur Muhammad Zainul Majdi.

Baca juga: Wapres dan Mensos bahas penanganan gempa Lombok

"Jadi nanti diatur oleh Gubernur, caranya dengan dibantu Menteri PUPR, latihan nanti bagaimana cara bikin rumah yang tidak jatuh kalau gempa. Beli besi, seng, semen, kayu kaca dari uang itu. Jangan beli rokok dengan uang itu, jangan beli motor," kata Wapres Jusuf Kalla.

Saat ini, Pemprov NTB telah memverifikasi sedikitnya 11 ribu kepala keluarga yang mengalami kerugian dari gempa bumi Lombok. Pemerintah Pusat pun akan memberikan bantuan sesuai dengan jumlah korban yang diverifikasi oleh Pemprov NTB tersebut.

"Yang baru diverifikasi itu (sekitar) 11 ribu (kepala keluarga), pasti lebih dari itu, tetapi diperkirakan 50 ribu. Ada (perkiraan) angka 70 ribu, tapi nanti akan diverifikasi oleh Pemda dengan didampingi Korem di sini," ujar Wapres.

Baca juga: Wapres: Bangun kembali, uang dari pemerintah

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018