Jakarta (ANTARA News) - Sejak smartphone masuk dalam kehidupan kita, pola tidur juga ikut berubah. Bahkan tidak sedikit orang yang masih memainkan ponsel sambil menunggu rasa kantuk datang.

Bahayanya, kebiasaan ini dapat merusak penglihatan. Penelitian dari University of Toledo malah mengungkapkan bahwa cahaya biru dari ponsel dapat menyebabkan kebutaan.

Studi tersebut menemukan bahwa cahaya biru menimbulkan reaksi racun dalam molekul retina yang merasakan cahaya dan sinyal otak. Akibatnya, reaksi kimia beracun itu membunuh fotoreseptor mata dan tidak dapat dipulihkan sampai mereka mati.

Untuk menghindari masalah yang serius, baiknya segera selamatkan mata Anda dari cahaya smartphone dengan beberapa cara mudah berikut ini.

1. Istirahatkan mata sejenak

Berhentilah menatap layar ponsel setiap 20 menit selama 20 detik. Kemudian lihatlah sesuatu sejauh 20 kaki. Hal tersebut bertujuan untuk mengendurkan otot-otot mata untuk sementara dan memberi Anda sedikit istirahat.

Baca juga: Melindungi anak-anak Indonesia dari dampak buruk gawai

2. Lebih sering berkedip

Saat Anda berkonsentrasi pada smartphone, tingkat kedipan pun ikut menurun. Hal ini dapat menyebabkan air mata di permukaan mengering sehingga membuat iritasi, mata merah, perih dan penglihatan menjadi buram. Dengan lebih sering berkedip, akan membuat mata menjadi lembab dan mengurangi iritasi. Setidaknya berkediplah sekira 10 kali setiap 20 menit.

3. Turunkan cahaya

Layar yang terang atau silau, dapat membuat mata lelah lebih cepat. Kalau bisa, lengkapi juga ponsel dengan kaca anti-glare atau Anda bisa mengunduh aplikasi reduksi cahaya untuk mengurangi cahaya biru pada ponsel.

4. Beri jarak antara mata dan ponsel

Biasanya, orang cenderung memegang smartphone hanya sekitar 8 inci dari wajah mereka agar lebih jelas. Kenyataannya, hal tersebut sangat buruk bagi mata. Berilah jarak setidaknya 16-18 inci dari mata. Mungkin akan terasa aneh untuk pertama kali, tapi lama-lama akan terbiasa.

Baca juga: Jangan terpaku pada jari tertentu saat pakai smartphone

Baca juga: Studi: ada hubungan antara penggunaan smartphone dan kehilangan ingatan pada remaja

5. Matikan ponsel sebelum tidur

Menurut National Sleep Foundation, cahaya biru juga dapat memengaruhi tidur Anda dengan menekan produksi hormon melatonin. Hormon ini memainkan peran kunci dalam pengaturan siklus tidur. Jadi, matikan ponsel 30 menit sebelum waktu tidur.

6. Atur kecerahan dan kontras layar

Salah satu cara untuk melindungi mata Anda adalah dengan menyesuaikan tingkat kecerahan dan kontras layar. Memiliki kecerahan layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Jadi, sesuaikan dengan kenyamanan Anda.

7. Percikkan mata dengan air

Percikkan mata dengan air biasa secara teratur. Kegiatan ini akan menangkal iritasi dan mengurangi kekeringan di mata. Selain itu, memercikkan mata dengan air juga dapat menurunkan masalah seperti penglihatan kabur dan membantu mata untuk fokus kembali.

Mudah kan caranya? Mulai sekarang jagalah kesehatan mata sebelum terlambat, demikian seperti dilansir dari Boldsky.

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018