Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pilihan pada Senin (23/7): 


Jokowi bertemu ketum parpol koalisi

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo, Senin malam, bertemu dengan enam ketua umum partai politik anggota koalisinya di Istana Bogor.

"Mestinya pertemuan ini dilakukan sebelum 15 Juli. Namun, karena mencari waktu yang cocok untuk semua maka baru hari ini mulai jam 19.00 dapat dilaksanakan," kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy di Jakarta, Senin.

Menurut Rommy, sapaan akrabnya, akan hadir Ketua Umum PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem, dan Hanura.


Elit Demokrat dan Gerindra bertemu bahas koalisi

Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah elite Partai Demokrat akan melakukan pertemuan dengan elite Partai Gerindra, Senin hari ini, untuk membahas format koalisi bersama sebelum pertemuan dua ketua umum partai tersebut. 

"Intinya bahwa pertemuan ini membahas poin-poin kesepakatan awal yang akan dibawa pada pertemuan puncak besok tanggal 24. Tentu yang dibahas adalah format koalisi," ujar Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat (PD) Ferdinand Hutahaean dihubungi di Jakarta, Senin. 

Dia mengatakan elite Partai Demokrat yang akan ikut serta dalam pertemuan itu adalah Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. 


Antre tiket KRL mengular, penumpang protes

Jakarta (ANTARA News) - Pembaruan dan pemeliharaan sistem tiket elektronik (e-ticketing) yang dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang belum selesai, menuai protes dari para penumpang karena antrian panjang terjadi semua loket statiun KRL.

Di Stasiun Bekasi, Senin pagi (23/7), antrian sudah mengular selepas subuh. Namun mulai padat sejak pukul 06:00 WIB di saat memasuki puncak dimana para penumpang hendak menuju Jakarta ke tempat kerja.


Ozil mundur dari timnas karena merasa "tidak diinginkan"
 
Berlin (ANTARA News) - Gelandang Jerman Mesut Ozil mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional dengan dampak yang berlaku secepatnya pada Minggu, menegaskan bahwa dirinya mendapat diskriminasi yang tidak adil seputar pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Mei.

Ozil (29) merupakan bagian dari skuat Jerman yang tersingkir di fase grup Piala Dunia di Rusia, dan menjadi target kritik untuk penampilannya serta pertemuannya dengan Erdogan, yang dituding melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Pengatur serangan Arsenal itu memiliki darah Turki dan membela aksinya melalui pernyataan panjang, pertama kalinya ia membahas masalah ini di depan umum.

"Bagi saya, berfoto dengan Presiden Erdogan bukan mengenai politik atau pemilihan, ini mengenai saya menghormati institusi tertinggi negara keluarga saya," kata Ozil dalam pernyataannya di Twitter. 


JPO Bundaran HI sementara akan dipasang "pelican crossing"

Jakarta (ANTARA News) - Jembatan Penyeberangan Orang di Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan diturunkan dan diganti dengan "pelican crossing" untuk menyeberang.
     
"JPO di HI itu nanti akan dicopot. Untuk sementara akan disiapkan 'pelican crossing' seperti ada di Merdeka Selatan. Dari Merdeka Selatan ke sisi utara itu ada 'pelican crossing' nanti akan dilakukan di sana," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin.
     
Pemasangan 'pelican crossing' sampai dengan jalur penyeberangan bawah tanah itu siap, karena sekarang jalur penyeberangan bawah tanah belum siap, katanya.
       
"JPO itu diturunkan, satu alasan estetika juga. Bahwa patung Selamat Datang yang ada di Bundaran HI dibangun untuk menyambut peserta Asian Games tahun 1962. Sekarang kita kembalikan, patung itu kembali sebagai simbol sambutan," kata Gubernur. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018