Jakarta (ANTARA News) - Ribuan pencari kerja memadati gedung Smesco Exhibition Hall di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan untuk melamar jadi pekerja ke perusahaan nasional dan multinasional di Indonesia.

Bursa kerja yang digelar pada 20-21 Juli, Jumat, sejak pukul sembilan pagi hingga lima sore, diikuti tidak hanya pelamar dari Jakarta, tetapi pendatang dari wilayah Pulau Jawa hingga Sumatra.

Surya Mulyani (23) adalah salah satu dari ribuan pendatang yang sengaja datang ke Jakarta untuk melamar langsung di acara-acara pameran kerja, termasuk "Indonesia Career Expo Jakarta 2018".

"Saya kuliah di Universitas Malikussaleh Aceh, jurusan teknik sipil. Sudah lulus sidang skripsi, tinggal menanti wisuda," kata Mulyani yang datang ke pameran bersama seorang temannya.

Ia mengaku tiba di Jakarta sejak awal Juli dan telah mengikuti tiga pameran kerja.

"Kalau melamar kerja sudah banyak, ada tiga job fair (pameran kerja) bulan ini. Beberapa ada panggilan wawancara, tetapi banyak yang belum sesuai dengan panggilan hati," katanya saat ditemui di Smesco Exhibition Hall, Jakarta Selatan ini.

Bagi Mulyani, peluang mendapatkan kerja di Jakarta masih lebih besar dibanding di Aceh, ataupun di Padang, kota asalnya.

"Saya tinggal bersama orang tua di Padang, Sumatra Barat, kuliah di Aceh, tetapi memilih mencari kerja di Jakarta, karena di sini kesempatan yang terbuka banyak, walaupun tetap (untuk mendapatkan kerja) tidak mudah," tambahnya.

Senada dengan Yuli, Aulia Dewi (23), lulusan Biologi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, mengaku kesempatan untuk bekerja di Jakarta masih lebih banyak dibanding di kota-kota lain.

"Di Jakarta, banyak sektor usaha yang membuka lowongan. Akan tetapi saya perhatikan trennya saat ini lebih banyak perusahaan di bidang perbankan dan IT (informasi dan teknologi) yang membuka lowongan," terang Aulia yang mengaku telah datang ke tiga pameran kerja tahun ini.

Sementara itu, Maxi Organizer, penyelenggara acara menyampaikan bahwa "Indonesia Career Expo Jakarta 2018" merupakan pameran kerja ketiga yang diselenggarakan pada bulan ini.

"Untuk Juli, pameran kerja ini yang ketiga kami selenggarakan. Yang terakhir di Smesco, acara diadakan pada April, ada sekitar 12 ribu pelamar yang hadir," kata Penanggung Jawab dari Maxi Organizer Daniel, sebelumnya.

Ia menjelaskan, ada sekitar 75 perusahaan nasional dan multinasional yang berpartisipasi dalam acara "Indonesia Career Expo Jakarta 2018".

"Target kami ada sekitar 10 ribu pelamar yang datang," tambahnya.

Di samping stan-stan perusahaan, "Indonesia Career Expo Jakarta 2018" juga diramaikan dengan stan dari JobStreet Indonesia yang menyediakan jasa konsultasi karir dan aneka permainan hiburan.

Bagi para pelamar yang berencana datang ke "Indonesia Career Expo Jakarta 2018", pihak penyelenggara tidak memungut biaya, tetapi tiket masuk hanya dapat diberikan setelah pengunjung mengunduh aplikasi "Jenius" di telepon selulernya.

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018