DKI fokuskan Operasi Bina Kependudukan di pusat keramaian

DKI fokuskan Operasi Bina Kependudukan di pusat keramaian

Arsip - Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi (Dukcapil) Jakarta Selatan melakukan kegiatan bina kependudukan di Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta. Dalam kegiatan tersebut Dukcapil melakukan sistem pendataan guna pembuatan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) bagi pendatang non permanen dengan masa berlaku satu tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Admaja/ss/NZ/14)

Jakarta (ANTARA News) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta menyatakan akan memfokuskan pelaksanaan Operasi Bina Kependudukan di pusat-pusat keramaian.

"Operasi Bina Kependudukan yang digelar pada 10 Juli 2018 nanti akan kami fokuskan di titik atau wilayah yang menjadi pusat keramaian," kata Kepala Dinas Dukcapil DKI Edison Sianturi di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, sejumlah pusat keramaian yang akan dijadikan sebagai fokus pelaksanaan Operasi Bina Kependudukan itu, salah satunya yakni di kawasan industri dan perekonomian.

"Selain itu, Operasi Bina Kependudukan juga akan kami laksanakan di pusat-pusat perdagangan, kawasan hiburan atau wisata serta di daerah kampus. Itu yang menjadi fokusnya," ujar Edison.

Selama ini, dia menuturkan pusat-pusat keramaian tersebut kerap menjadi tempat favorit bagi para pendatang baru di Ibu Kota. Dalam operasi tersebut, Disdukcapil pun akan sekaligus melakukan pendataan.

"Namun bukan hanya pendataan, dalam operasi itu, kami juga akan mengedukasi para pendatang supaya memiliki keterampilan. Jadi, jangan sampai para pendatang itu datang ke Jakarta tidak memiliki bekal apa-apa," tutur Edison.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Operasi Bina Kependudukan akan dilaksanakan secara terpadu bersama dengan Dinas Sosial, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta pengurus RT dan RW di tiap-tiap wilayah.

"Saat pelaksanaan operasi tersebut, nantinya di masing-masing wilayah akan kami kerahkan sebanyak 120 petugas untuk melakukan pendataan sekaligus edukasi," ungkap Edison. 
Pewarta : Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018