Medan (ANTARA News) - Sebanyak 16 penumpang KM Sinar Bangun yang selamat dan sudah dievakuasi saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pangururan Samosir, Sumatera Utara.

Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan, di Medan Senin malam (18/6) mengungkapkan ada tiga penumpang selamat lainnya yang dibawa ke Rumah Sakit Adrianus Pangururan.

"Kemudian, 10 penumpang lagi yang berhasil ditolong tim penyelamat berada di Puskesmas Simanindo," ujar AKBP MP Nainggolan.

Ia mengatakan, Tim Basarnas dijadwalkan Selasa (19/6) bersama Polres Simalangun, personil Unit Markas Danau Toba, dan BPBD Samosir akan melanjutkan pencarian penumpang yang belum ditemukan.

Karena menurut laporan personel Polres Simalungun, masih banyak penumpang kapal kayu itu yang belum ditemukan.

"Tim Basarnas bekerjasama dengan Polri, BPBD Samosir, dan regu penyelam akan terus mencari penumpang yang hilang itu," kata mantan Kapolres Nias Selatan itu.

19 ditemukan

Sebanyak 19 penumpang Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin berhasil ditemukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Riyadil Akhir Lubis melalui pesan singkat yang diterima di Medan, Senin malam, mengatakan bahwa dari jumlah penumpang yang ditemukan itu, 18 orang selamat dan seorang meninggal dunia.

KMP Sumut 2 berhasil menemukan tiga penumpang KM Sinar Bangun yang seluruhnya dalam kondisi selamat.

Sedangkan KMP Sumut 1 menemukan dua penumpang.

"Satu selamat, satu lagi meninggal dunia berjenis kelamin perempuan," katanya.

Baca juga: BNPB : 37 korban tenggelam KM Sinar Bangun dievakuasi

Penumpang yang berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh Tim KMP Sumut 1 dan KMP Sumut 2 dirawat di puskesmas di pinggiran Danau Toba yang masuk wilayah Kabupaten Simalungun.

Sebanyak 14 penumpang KM Sinar Bangun lainnya ditemukan pengelola Kapal Kayu Cinta Damai, namun kondisinya belum laporkan.

Pihaknya memperkirakan KM Sinar Bangun tenggelam dalam posisi sekitar satu kilometer dari Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun.

Kapal KM Sinar Bangun yang mengangkut puluhan penumpang dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, (18/6) sekitar pukul 17.30 WIB.

Baca juga: Dua penumpang KM Sinar Bangun ditemukan tewas

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018