Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kembali mengadakan pertemuan dengan salah satu agenda pembicaraan adalah figur calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Joko Widodo.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Rabu, pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri berlangsung secara tertutup di Istana Batu Tulis Bogor, Selasa (12/6), pada jamuan berbuka puasa bersama hingga usai Shalat Isya.

Menurut Hasto, paada pertemuan dalam suasana santai dan kekeluargaan tersebut, Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo membicarakan soal kriteria dan figur cawapres yang akan mendampingi Joko Widodo pada Pemilu Presiden 2019.

Megawati memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo agar segala sesuatu dilakukan dengan pertimbangan matang, dan terus melakukan kontemplasi agar benar-benar memahami aspirasi rakyat Indonesia, sambil memohon petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Presiden dan wakil presiden itu merupakan pemimpin rakyat, pemimpin bangsa dan negara. Semua harus dipersiapkan secara matang, dengan pertimbangan nurani yang jernih. Siapa pun yang ditetapkan sebagai cawapres, maka pak Jokowi dan calon wakilnya merupakan satu kesatuan. Momentumnya dilakukan pada saat yang tepat," kata Megawati Soekarnoputri, seperti dikutip dalam pernyataan Hasto.

Selain membicarakan kriteria dan figur cawapres, menurut Hasto, pertemuan Megawati dan Joko Widodo tersebut juga membicarakan sejumlah hal strategis pemerintahan.

Hasto menjelaskan, pertemuan Megewati dan Joko Widodo ini, merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dan kali ini secara khusus membahas narasi kemajuan Indonesia Raya.

"Ibu Megawati memberikan apresiasi kepada bapak Jokowi bahwa mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar. Kerja, kerja, dan kerja terbukti menjadi jawaban paling tepat di tengah berbagai kritikan. Hasilnya sudah terbukti, infrastruktur untuk mengenjot pertumbuhan ekonomi ke depan telah dibangun dengan baik," kata Hasto.

Pertemuan Megawati dan Joko Widodo, di Istana Batu Tulis, Bogor itu, diakhiri dengan sesi foto bersama berlatar belakang lukisan Bung Karno.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018