Sleman (ANTARA News) - Destinasi wisata alam "Lava Bantal" di Kecamatan Berbah, Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih menjadi nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia 2018 untuk kategori tujuan wisata baru terpopuler mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Selain Lava Bantal, terdapat beberapa nama destinasi di seluruh Indonesia yang masuk dalam kategori ini," kata Kepala Seksi Analisa Pasar, Dokumentasi dan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Kus Endarto, Jumat.

Menurut dia, destinasi lain tersebut meliputi Bukit Jamur (Gresik), Gampong Nusa (Aceh Besar), dan Geopark Ciletuh (Sukabumi). Selai itu terdapat nama Kampung Terih (Batam), Pulau Baer (Tual), Pulau Cinta (Boalemo), Pulau Labengki (Konawe Utara), Teluk Jering (Kampar), dan Umbul Ponggok (Klaten).

"Kesepuluh destinasi tersebut akan dinilai oleh masyarakat melalui pemungutan suara (voting) yang akan dilaksanakan mulai 1 Juni 2018 sampai dengan 31 Oktober 2018," katanya.

Ia mengatakan, pemungutan suara ini dapat dilakukan melalui SMS ke nomor 99386 dengan keyword API (spasi) 17E, atau mengungguh aplikasi API di Google Playstore atau App Store.

"Seperti halnya dengan pelaksanaan Anugerah Pesona Indonesia pada tahun sebelumnya, pemenang akan diumumkan pada malam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2018 yang akan digelar pada November 2018," katanya.

Kus Endarto mengatakan, terdapat beberapa upaya yang akan dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam memastikan Lava Bantal menjadi pemenang dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018.

"Di antaranya adalah promosi secara masif dan terarah pada destinasi, sehingga lebih dikenal khalayak, dan sosialisasi melalui event/kegiatan yang dilaksanakan selama periode voting," katanya.

Ia berharap masyarakat Kabupaten Sleman dapat memberikan dukungan agar destinasi Lava Bantal dapat memenangi Anugerah Pesona Indonesia 2018.

"Kami harapkan dukungan masyarakat untuk menyukseskan Lava Bantal menjadi tujuan wisata baru terpopuler dengan mengirimkan SMS sebanyak-banyaknya ke 99386 dengan keyword API (spasi) 17E, mulai 1 Juni 2018 mendatang," katanya.

Popularitas destinasi wisata, kata dia, dapat didongkrak melalui beberapa cara. Salah satunya adalah melalui media sosial.

"Cara yang biasa digunakan antara lain melalui foto-foto indah di akun Instagram, review singkat melalui twitter atau blogging, atau video keindahan dan keseruan di destinasi melalui vlog," katanya.

Ia mengatakan, cara lain yang mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini adalah melalui polling via SMS ataupun website.

"Pada 2017, Tebing Breksi Sleman menjadi tujuan wisata baru terpopuler versi Anugerah Pesona Indonesia, mengalahkan sembilan destinasi lain seperti Pulau Kumala (Kutai Kertanegara), Skywalk (Bandung), Danau Ugo (Batanghari), dan Kawasan Pura Batu Kursi (Buleleng)," katanya.

Menurut dia, keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuih masyarakat dalam mempopulerkan destinasi tersebut.

"Hasil polling menunjukkan Tebing Breksi didukung 32,5 persen dari 213.820 voter yang tersebar di seluruh Indonesia." katanya.

Baca juga: Rumah gadang panjang masuk nominasi API 2018

Baca juga: Rumah Bung Karno masuk nominasi API 2018

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018