Jakarta (ANTARA News) - Pemeriksaan kesiapan jaringan telekomunikasi untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik segera dilakukan menjelang Lebaran 2018, kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

"Dua minggu sebelum Lebaran, jadi awal Juni atau akhir pekan ini dilakukan tes, apakah tes jaringan ke daerah, mau pun di titik keberangkatan seperti terminal, stasiun, bandara, pelabuhan laut, itu semua dites," ujar dia usai Buka Bersama di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis.

Untuk itu, ia belum dapat memastikan performansi jaringan telekomunikasi saat Lebaran karena belum dilakukan pengecekan, tetapi ia memperkirakan akan lebih baik.

"Jangan bilang aman sekarang, tetap akan dicek lagi, tidak boleh mendahului. Setelah pengecekan baru kita tahu, tetapi insyaAllah pasti lebih baik," kata dia.

Operator kini, tutur Rudiantara, lebih banyak menyiapkan infrastruktur, terutama untuk jaringan 4G yang volumenya bertambah serta tambahan mobile BTS.

Ia mengatakan operator belum menyampaikan laporan terkait jumlah mobile BTS yang dimiliki, tetapi dipastikan lebih banyak karena kuota 4G yang bertambah, khususnya di luar Jawa.

"Bertambahnya frekuensi Telkomsel di 2,3 GHz yang sudah berjalan dan beroperasi kapasitas diharapkan lebih tambah di kota-kota besar," tutur dia.

Parameter jaringan yang akan diuji di antara nya adalah cakupan jaringan dan kualitas sinyal seluler. Untuk layanan telepon dasar adalah tingkat kesuksesan panggilan serta kontinuitas panggilan dalam satu operator seluler mau pun lintas operator seluler.

Untuk layanan pesan singkat adalah tingkat kesuksesan pengiriman pesan dalam satu operator seluler mau pun lintas operator seluler dan untuk layanan mobile internet dari tingkat kesuksesan akses internet serta kualitas layanan internet.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018