Di Botubarani, paus pembunuh ini menyusur di pinggiran pantai berjarak 350 meter dari pasang tertinggi."
Gorontalo (ANTARA News) - Paus orca (Orcinus Orca) atau paus pembunuh, empat kali terlihat berada di perairan Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sepanjang tahun 2018 hingga bulan Mei.

"Saat itu saya sedang membawa dua orang turis mancanegara dan seorang pemandu, lalu tiga ekor paus orca melintas pada tanggal 26 Maret di sekitar lokasi wisata Hiu Paus," ujar xalah seorang nelayan di Botubarani, Arfan Ali, Kamis.

Baca juga: Paus orca kembali terlihat

Ia mengaku melihat paus orca melintas di perairan Desa Botubarani, dan 22 Mei 2018 muncul pula tiga paus orca terdiri atas dua paus ukuran besar dan satu paus sekira tiga meter.

Peneliti paus orca, Verrianto Madjowa, menjelaskan bahwa kemunculan mamalia laut di perairan Gorontalo terjadi pada bulan Februari, Maret dan Mei.

"Di Botubarani, paus pembunuh ini menyusur di pinggiran pantai berjarak 350 meter dari pasang tertinggi. Tanggal 22 Mei tiga paus pembunuh melintas di Botubarani," katanya.

Baca juga: Paus orca di Gorontalo diprediksi jantan

Paus pembunuh dengan nama lokal paupausu itu juga terlihat pada 26 Maret, yakni tiga paus terlihat di Botubarani dan Kurenai.

"Sementara pada bulan Februari, paus pembunuh muncul tanggal 7 di Botubarani dan tanggal 23 di Lopo-Kayubulan, Batudaa Pantai," pungkas Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) itu.

Baca juga: Hindari berinteraksi langsung dengan paus orca

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018