Jakarta (ANTARA News) Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Palapa Ring Tengah akan selesai September 2018 setelah menyaksikan penggelaran kabel laut di Perairan Tateli, Pineleng, Minahasa, Sulut.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, terdapat kelambatan untuk Palapa Ring Tengah sehingga ia harus datang langsung ke lokasi untuk memastikan pemasangan.

"Untuk memastikan semua selesai di akhir 2018, jadi Agustus bisa selesai, kemudian uji stabilitas sampai September," kata dia.

Rudiantara juga meminta bantuan Gubernur Sulawesi Utara untuk memastikan selesainya perizinan agar bisa mempercepat pemasangan kabel laut.

Pembangunan Palapa Ring disampaikannya, merupakan salah satu upaya pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mewujudkan Nawacita ke-3, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Di Indonesia, Pemerintah membangun tol informasi melalui Palapa Ring dalam bentuk pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia yang dibangun oleh operator telekomunikasi dan sebagian dibangun oleh pemerintah.

Sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar), Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yakni Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah dan Palapa Ring Paket Timur.

Ada pun proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menghubungkan 17 kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.

"Jika Palapa Ring selesai, semua kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan jaringan tulang punggung serat optik. Dengan demikian, layanan yang ada di Jawa dan daerah lain tidak memiliki gap yang besar," ucap Menkominfo.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018