Polda Jambi naik jadi Tipe A

Polda Jambi naik jadi Tipe A

Logo Kepolisian Daerah (Polda) Jambi. (polri.go.id)

Jambi (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur memberikan persetujuan kenaikan tipologi empat kepolisian daerah (polda) dari tipe B menjadi tipe A, termasuk salah satunya Polda Jambi.

"Polda Jambi bersama tiga polda lainnya, yakni Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah dan Polda NTB, secara resmi pada Jumat 25 Mei 2018 resmi menjadi tipe A," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi di Jambi, Selasa.

Baca juga: Menpan-RB tinjau kesiapan Polda Jambi sandang tipe A

Dengan kenaikan status tersebut, ia mengemukakan, maka empat polda tersebut selanjutnya akan dipimpin seorang kepala kepolisian daerah (kapolda) dengan pangkat inspektur jenderal (irjen) berbintang dua, sedangkan wakil kepala kepolisian daerah (wakapolda) dipimpin seorang polisi berpangkat brigadir jenderal (brigjen) berbintang satu.

Polda Jambi telah disetujui untuk naik tipe dari B menjadi A, sehingga menurut dia, pada Jumat (25/5) akan digelar upacara peresmian Polda Jambi dari tipe B ke tipe A yang dijadwalkan akan dihadiri Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian ke Markas Polda Jambi.

"Jumat upacaranya, dan informasi Kapolri akan langsung hadir di Jambi," kata Kuswahyudi kepada wartawan.

Baca juga: Kapolda Jambi: Situasi relatif aman dan kondusif

Dengan kenaikan tipe tersebut, ia mengemukakan, juga akan berdampak pada sejumlah jabatan di Polda Jambi, khususnya untuk kepala bidang (kabid).

Bila sebelumnya jabatan kabid diduduki oleh perwira dengan pangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP), ia menjelaskan, maka dengan kenaikan tipe tersebut akan ditempati perwira dengan pangkat komisaris besar (kombes).

Menpan-RB Asman Abnur bersama Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen Pol Bambang Sunarwibowo, pada Rabu 9 Mei 2018 mengunjungi Polda Jambi untuk melakukan verifikasi kesiapan terkait rencana kenaikan tipe.

Pada kesempatan tersebut Asman dan Bambang meninjau langsung expo pelayanan publik Polda Jambi. Untuk Polda Jambi sendiri evaluasi telah dilakukan sejak jauh hari.

Baca juga: Kapolda Jambi perintahkan perketat penjagaan kantor polisi pascaserangan teroris

 
Pewarta : Nanang Mairiadi
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2018