Manado (ANTARA News) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Prajurit TNI-Polri harus menjaga kepercayaan rakyat dengan tidak melanggar disiplin dan hukum.

"Jaga kepercayaan rakyat kepada TNI Polri, jangan sampai dinodai, dihancurkan, dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Panglima saat memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI Polri se-Sulawesi Utara, di Manado, Kamis.

Ia mengatakan salah satu yang dapat merusak kepercayaan rakyat kepada TNI Polri adalah tindakan yang melanggar disiplin dan hukum.

"Karena TNI Polri dipandang oleh rakyat sebagai contoh, jadi kita jangan pernah berbuat salah," katanya.

Ia mengatakan, tingkatkan kemampuan deteksi dini dan cegah dini, dari ancaman Ipoleksosbudhankam yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan dan keutuhan wilayah NKRI.

TNI Polri sebagai aparat negara harus berdiri tegak diatas semua golongan dan mampu menjadi perekat kemajemukkan dalam menjaga kebhinekaan dan senantiasa mampu melaksanakan tugas dengan tulus ikhlas dan tidak pernah menyerah.

Unsur pimpinan agar selalu dekat dan menyatu dengan anak buahnya, sehingga mengetahui segala kesulitan anak buahnya dan dengan segera mengambil tindakan solusinya.

"Tetap jaga dan pelihara soliditas dan solidaritas TNI Polri, hingga terjalin antarindividu sebagai modal dasar melaksanakan peran fungsi masing-masing serta sebagai teladan kekompakan bagi stakeholder maupun komponen masyarakat lainnya," katanya.

Hadi Tjahjono mengatakan prajurit TNI Polri untuk tidak melakukan tindakan tidak terpuji atau menyakiti hati rakyat.

"Kita benar-benar harus menjaga rakyat, tidak boleh menyakiti. Kita harus berucap kata yang santun berperilaku yang baik, sehingga bisa menjadi teladan," katanya dihadapan sekitar 3.452 prajurit TNI Polri.

Hadir pada saat itu antara lain Kasad Jenderal TNI Mulyono, Asops Panglima Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Aster Panglima Mayjen TNI Wiyarto,

Pangkoops AU II Marsekal Muda TNI Yadi Indrayadi Sutanandika, Asops Kapolri Irjen Pol M Iriawan, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Madsuni, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito.

Kemudian Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Fajar Setiawan, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono.

Sebelum memberikan arahan, Panglima TNI makan malam berupa nasi kotak bersama dengan ribuan prajurit TNI Polri yang memadati GKIC.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018