Situbondo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ingin mewujudkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) sebagai bentuk kewajiban menyediakan lingkungan yang baik tumbuh kembangnya anak-anak.

"Untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) pada 2018, kami meminta semua pihak mendukung pencapaian program tersebut," ujar Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto di Situbondo, Minggu.

Ia mengemukakan, anak-anak merupakan generasi penerus yang akan menentukan kemajuan Kabupaten Situbondo pada masa mendatang. Dan kemajuan daerah tidak hanya dinilai dari pertumbuhan ekonomi saja, melainkan dari aspek Kabupaten Layak Anak, ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki komitmen yang sama menjadikan Situbondo sebagai Kabupaten Layak Anak. Dengan demikian evaluasi dan pengumpulan data sebagai syarat mendapat predikat Kabupaten Layak Anak harus segera dilaksanakan.

"Kabupaten Situbondo sudah mencanangkan menjadi Kabupaten Layak Anak sejak 2012, dan Tahun 2018 ini Kabupaten Situbondo harus mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Layak Anak," katanya.

Bupati Dadang menyampaikan, keinginannya mendapat predikat Kabupaten Layak Anak bukan karena ingin mengejar prestasi semata, melainkan sebagai bentuk kewajiban dan tanggung jawab menyediakan lingkungan yang baik untuk tumbuh kembangnya anak-anak.

"Ada lima klaster penilaian Kabupaten Layak Anak, salah satunya di bidang pendidikan, jangan sampai ada anak putus sekolah sampai usia 18 tahun," paparnya.

Ia menambahkan, selain itu perlu adanya perlindungan khusus bagi anak yang sedang menghadapi masalah hukum, mengalami kekerasan seksual, fisik dan psikis serta perdagangan anak.
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto dan Zumrotun Solichah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018