Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) atau Moda Raya Terpadu atau Angkutan Cepat Terpadu fase satu di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta Pusat, Jumat malam.
      
Sandiaga dengan didampingi Direktur Utama PT. MRT, William P Sabandar meninjau kawasan MRT Fase Pertama jalur Selatan – Utara  dengan rute Lebak Bulus – MH Thamrin sepanjang 14,7 kilometer, dengan enam stasiun berada di bawah tanah dan tujuh  stasiun elevated.
     
"Saya baru saja makan malam dengan Dubes Jepang di mana kita membicarakan kelanjutan fase kedua dan Alhamdulillah tercapai kesepakatan untuk percepatan dan kita akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan juga," kata Sandiaga.
     
Pada fase kedua akan melanjutkan jalur Selatan - Utara dari Bundaran HI sampai dengan Kampung Bandan sepanjang 8.1 kilometer dan akan mulai dibangun ketika fase pertama beroperasi dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2020.
     
Selain daripada fase kedua yang ingin didorong percepatan dari fase tiga yaitu east west. Dan hari ini juga dia meninjau status daripada proyek yang secara konstruksi, secara fisik sudah 92 persen. Dan secara operasional sudah hampir 50 persen. 
      
"Jadi teman - teman bisa lihat sendiri komitmen terhadap ketepatan waktu, komitmen terhadap keselamatan, komitmen juga terhadap bagaimana kita memastikan on time, on schedule, on budget dan juga dengan kualitas yang sempurna, kualitas yang prima, Insya Allhah," kata Wagub.
      
Secara prinsip pada fase dua ada kesepakatan sekarang dilanjuti dengan dokumentasi dan pembicaraan mengenai pembebasan lahan yang sudah disepakati, katanya.
       
"Dan sudah dilakukan konsultasi publik dan hasilnya positif. Kami sekarang lagi menindaklanjuti beberapa arahan dari land acquisition plan," kata Sandiaga.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018