Tangerang Selatan (ANTARA News) - Polres Tangerang Selatan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah mesin ATM sebagai antisipasi kejahatan skimming atau membobol data nasabah bank menggunakan bantuan mesin skimmer yang kembali marak.

"Pemeriksaan mesin ATM ini merupakan bentuk pencegahan Polres Tangsel untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan," kata Iptu Agung Susetyo, Kanit Krimsus Polres Tangsel di Tangsel, Rabu.

Dikatakannya sejumlah mesin ATM yang disisir berada di pusat keramaian seperti SPBU, minimarket, pasar modern, ritel, dan kawasan bisnis.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Agung memastikan mesin ATM yang ada di Tangsel aman digunakan oleh masyarakat.

"Terhitung juga dari laporan, sampai saat inipun kami belum menerima laporan mengenai kejahatan skimming ini," kata dia.

Agung mengungkapkan beberapa waktu lalu sedikitnya empat pelaku kejahatan skimming diamankan di wilayah Tangerang Raya.

"Masing-masing pelaku diamankan di Perumahan De Park Serpong, Pagedangan. Kemudian Bohemia Village Paramount Serpong, Pagedangan. Selanjutnya Hotel Grand Serpong, Pinang.

Agung menghimbau kepada masyarakat yang saat ini menggunakan kartu ATM sebagai alat transaksi ekonomi untuk rutin mengganti nomor PIN secara berkala.

"Hal tersebut akan membantu data ATM selalu update, sekaligus juga bisa lebih sering memantau transaksi," ujarnya.

Baca juga: Perbankan diimbau percepat ATM "chip" antisipasi "skimming"

Baca juga: Mandiri ganti dana korban "skimming" Rp260 juta

Baca juga: Skimming dan kiat transaksi aman


 

Pewarta: Mansyur
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018