Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak empat tim kontestan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 siap bertarung di rangkaian babak semifinal yang digelar pada 22-25 Maret 2018 dan 5-8 April 2018 demi merebut tiket final.

Babak semifinal tersebut mempertemukan dua tim Divisi Merah yakni BSB Hangtuah menghadapi Satria Muda (SM) Pertamina, sementara dari Divisi Putih terdapat Stapac Jakarta meladeni juara bertahan Pelita Jaya (PJ) Basketball.

Meski menghadapi tim berstatus sebagai debutan di panggung semifinal kompetisi bola basket tertinggi, pelatih SM Youbel Sondakh mengaku tidak ingin menganggap enteng lawannya.

"Hangtuah tim yang bagus dan kami akan bermain lepas melawan mereka," kata Youbel dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Senin.

Youbel bahkan menyatakan timnya akan tetap waspada menghadapi Hangtuah, meskipun di musim reguler mereka bisa menyapu bersih kemenangan dalam tiga kali pertemuan kedua tim.

"Kami 100 persen waspada, tak boleh berpegang pada hasil sebelumnya. Semifinal adalah pertandingan yang berbeda," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Hangtuah Andika Saputra menegaskan bahwa kekalahan di tiga pertemuan terakhir kedua tim tidak menjadi penentu hasil laga semifinal, sebab timnya akan berjuang keras menghadapi runner-up musim lalu yang dinilainya sebagai tim yang komplet.

"Kami banyak belajar dari laga sebelumnya. Karena itu kami harus bertanding sebagai tim dengan kerja sama yang solid. Mental menjadi yang paling penting dan kami berharap anak-anak menikmati pertandingan, tidak tegang," tutur Andika.

Baca juga: IBL sesalkan keputusan WO Pacific Caesar

Baca juga: Hangtuah tundukkan Garuda Bandung 76-74


Rangkaian laga semifinal IBL 2017-2018 akan dilangsungkan dalam format best of three di mana tim yang lebih dulu meraih dua kemenangan berhak melaju ke final.

Laga semifinal antara Hangtuah menghadapi SM berlangsung 22-25 Maret 2018, dengan laga pertama di Hi-Test Arena, Batam, menempatkan Hangtuah sebagai tuan rumah, kemudian dilanjutkan ke Britama Arena, Jakarta.

Sedangkan laga semifinal lainnya antara Stapac meladeni PJ berlangsung pada 5-8 April 2018, dengan laga pertama di GOR UNY, Yogyakarta, dan Stapac bertindak sebagai tuan rumah kemudian dilanjutkan ke GOR C-Tra Arena, Bandung.

Para pemenang akan melaju ke partai final yang dijadwalkan berlangsung pada 19-22 April 2018.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018