Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memfokuskan pengawasan penyediaan sumur resapan, pengolahan air limbah dan pemanfaatan air tanah di gedung-gedung bertingkat yang terdapat di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjadi Pembina Apel Tim Pengawasan Terpadu Penyediaan Sumur Resapan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah serta Pemanfaatan Air Tanah di Bangunan Gedung dan Perumahan Kota Jakarta yang digelar di Intiland Tower, Jakarta Pusat.

"Sebagai langkah awal, target pertama dan utama adalah bangunan gedung di sepanjang Sudirman-Thamrin dengan pengawasan meliputi penyediaan sumur resapan, pemanfaatan air tanah dan penyediaan instalasi pengolahan air limbah," kata Anies di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pengawasan tersebut dilakukan oleh Tim Pengawasan Terpadu yang juga melibatkan beberapa instansi pemerintah. Tim Pengawasan Terpadu itu ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 279 Tahun 2018.

"Pengawasan itu dilakukan bukan untuk mencari kesalahan, namun untuk membangun kesadaran semua pihak mengenai pentingnya upaya untuk membangun kota yang berlandaskan pada pembangunan yang berkelanjutan," ujar Anies.

Dia menuturkan hari ini, Jumat (16/3) sedah memasuki hari kelima dilaksanakannya pengawasan tersebut, dan akan berakhir pada 21 Maret 2018. Dia berharap kegiatan pengawasan tersebut dapat dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan selesai tepat waktu.

"Saya berpesan kepada Tim Pengawasan Terpadu yang dibagi menjadi lima tim dan telah bekerja melakukan inspeksi di sebanyak 80 gedung di kawasan Sudirman-Thamrin agar selalu bekerja secara professional, karena ini penting bagi masa depan Kota Jakarta," tutur Anies.

Kedepannya, dia mengungkapkan pihaknya juga akan turut melibatkan masyarakat dalam memonitor penyediaan sumur resapan, pengolahan air limbah dan pemanfaatan air tanah di seluruh bangunan yang ada di ibukota.

"Kita harus bersama-sama mencegah penurunan kualitas lingkungan di Kota Jakarta. Maka dari itu, saya ingin supaya seluruh warga terlibat langsung dalam memonitor dan mengawasi penggunaan air," ungkap Anies.

Baca juga: Anies pantau langsung operasi pengawasan sumur resapan

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018