Jakarta (ANTARA News) - Kemarin, aksi damai menyambut Hari Perempuan Sedunia yang diperingati setiap 8 Maret, terjadi di beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta.

Presiden Joko Widodo pun menyuarakan kesetaraan bagi perempuan untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam pendidikan dan pekerjaan saat berada di Jawa Timur.

1. Presiden: perempuan berkesempatan sama dalam pendidikan-pekerjaan 
"Semua anak-anak dan remaja perempuan harus mempunyai kesempatan yang sama dalam pendidikan, dalam pekerjaan, dalam karir serta penghargaan dari masyarakat," kata Presiden Joko Widodo di alun-alun kota Lamongan, Jawa Timur, Kamis.

2. Kaum difabel bersuara lewat seni pada Hari Perempuan
Koalisi perempuan difabel yang diorganisir oleh Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) dan Perhimpunan Jiwa Sehat Indonesia merayakan Hari Perempuan Internasional 2018 dengan menggelar festival "Perempuan Disabilitas Mengubah Dunia" di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis.

3. Gubernur Bali akan pantau kapal yang buang sampah di laut
Sebuah video yang memperlihatkan wisatawan asing yang menyelam di Perairan  Bali yang dipenuhi sampah menjadi viral dalam beberapa saat terakhir. Hal itu membuat Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika menilainya sebagai hal yang berlebihan. Serta akan memantau setiap kapal besar yang singgah di Bali. Jika terbukti membuang sampah ke dasar laut, maka akan diberikan sanksi tegas.

4. Dokter Bimanesh didakwa sengaja merintangi penyidikan Setya Novanto
Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa dokter RS Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo bersama-sama advokat Fredrich Yunadi dengan sengaja merintangi penyidikan dugaan tindak pidana korupsi proyek KTP-elektronik atas tersangka Setya Novanto.

5. Setnov mengaku tak tahu soal pemalsuan data medisnya
Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) mengaku tidak tahu perihal pemalsuan data medisnya oleh Bimanesh Sutarjo, dokter di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, tempat dia menjalani perawatan setelah kecelakaan lalu lintas pada 16 November 2017.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018