Bandung (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandaskan tidak pernah memerintahkan relawan dan pendukung melakukan politik uang pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

"Saya mah tidak pernah menginstruksikan apa pun yang terkait politik uang karena itu sudah diharamkan," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Senin, menanggapi dugaan praktik politik uang oleh relawannya dengan memberikan bantuan paket sembako kepada korban banjir Citarum.

Sebelumnya, beberapa warga korban banjir Citarum di Kampung Babakan Leuwi Bandung, Desa Citereup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, melaporkan  dugaan politik uang yang dilakukan relawan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu) ke Panwaslu Kabupaten Bandung.

Seseorang yang diduga relawan Rindu memberikan 300 paket sembako yang di antaranya ditempeli stiker Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul.

Kang Emil menyatakan tengah menelusuri dugaan itu, tetapi menegaskan tidak bisa memantau seluruh kegiatan kampanye para relawan.

Oleh karena itu, Emil meminta seluruh simpul relawan dan partisan lebih mengedepankan visi misi dibandingkan dengan kampanye yang melanggar aturan KPU.

"Ini mungkin ada miskomunikasi memberi bantuan tapi distikerin. Saya kira sudah diperintahkan tidak boleh diulang itu hanya miskomunikasi saja," kata dia.

Baca juga: Ridwan Kamil puji Nasdem tak minta mahar

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018