Bogor (ANTARA News) - Otoritas berwenang telah membuka kembali lalu lintas di Jalur Puncak menuju Cianjur mulai hari ini terhitung pukul 12.00 WIB, namun masih terbatas untuk kendaraan pribadi dan minibus karena masih dalam masa uji coba setelah ditutup selama 16 hari akibat tanah longsor.

Pantauan Antara di lokasi, arus lalu lintas di sepanjang jalur Puncak mulai daro Gadok sampai dengan Puncak Pas masih sepi dan lancar.

"Ini baru uji coba, kendaraan yang melintas dibatasi hanya untuk kendaraan pribado, angkot dan minibus L300," kata Kasat Lantas Polres Bogor Kabupaten AKP Hasby Ristama kepada Antara.

Hasby menjelaskan bahwa uji coba jalur Puncak pascaperbaikan longsor diputuskan berdasarkan hasil koordinasi dan kunjungan Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, dengan Kementerian PUPR serta Polres Bogor Kabupaten.

Pertemuan yang berlangsung mendadak kemarin Minggu (18/2) menyepakati untuk dilakukan uji coba jalur Puncak pascaperbaikan, dan observasi yang telah dilakukan.

"Batas waktu uji coba tidak ditentukan, masih akan dibahas lagi dalam pertemuan selanjutnya pekan ini," kata Hasby.

Selama uji coba, lanjut Hasby, petugas akan memantau dan mengawasi dengan melibatkan petugas Dishub dan kepolisian untuk mengetahui sejauh mana dampak dan pengaruhnya saat jalur dilalui kembali oleh kendaraan.

Petugas dibagi di dua lokasi pengawasan yakni di Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor dan Ciloto, Cianjur.

"Kita liat sejauh apa kondisi jalan pascadiperbaiki, sudah ideal atau belum. Kita kaji juga apakah jalan ini apakah sidah bisa dilalui oleh bus atau kendaraan besar lainnya," katanya.

Petugas tetap memasang papan informasi di dua titik yakni TSI dan Gunung Mas. Papan informasi digital tersebut menginformasikan uji coba diberlakukan untuk kendaraan pribadi. Truk dan bus dilarang melintas.

Sementara itu suasana di sepanjang jalur Puncak masih relataif sepi. Tidak terjadi kepadatan seperti biasanya. Kendaraan dapat melaju dengan kecepatan di atas 40 km jam. Dari simpang Gadog menuju Puncak Pas dapat ditempuh dalam waktu beberapa menit saja menggunakan sepeda motor.

Kondisi saat ini kawasan Puncak sedang mendung, dan hujan gerimis. Kabut juga sudah mulai turun. Seperti di kawasan At Ta`awun, suasana jalan terlihat sepi, warung-warung yang ada dipinggir jalan juga masih banyak yang tutup.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018