Jakarta (ANTARA News) - Koalisi Lestari Hutanku (KLH) yang terdiri dari jurnalis, blogger, relawan hijau serta jurnalis warga siap memberikan edukasi anak-anak, remaja dan pemuda generasi masa kini yang dikenal sebagai "Kidz Jaman Now" untuk menjadikan menanam pohon sebagai gaya hidup.

Ketua Harian KLH Arul Muchsen di Jakarta, Selasa mengatakan, hal itu sebagai upaya mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Gerakan Menanam dan Memlihara 25 Pohon Seumur Hidup.

"Kami siap melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, komunitas dan generasi muda mengenai program Menanam dan Memelihara 25 Pohon Seumur Hidup," katanya.

Program tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan INS.1/MENLHK/PDASHL/DAS.1/8/2017 yang mewajibkan masyarakat menanam dan memelihara sekurang-kurangnya 25 pohon selama hidup.

Jumlah 25 batang tersebut terdiri dari 5 batang saat sampai jenjang SD, 5 batang SMP, 5 batang SMA, 5 batang perguruan tinggi, dan 5 batang saat menikah.

"Kami akan berkoalisi dengan mengajak mereka menanam dan memelihara pohon baik untuk dirinya dan anak-anaknya sebanyak 5 pohon saat tamat SD, 5 Pohon lagi tamat SMP, saat SMA lulusan jelang ke Perguruan Tinggi 5 Pohon, menjadi Sarjana 5 pohon lagi dan terakhir saat anak pertama sebagai rasa syukur atau bersama pasangan saat bulan madu tanam dan pelihara 5 Pohon jadi total dalam hidupnya 25 Pohon," ujar Arul.

Menurut dia, KLH akan menyajikan produk tulisan, foto dan video serta film ke media sosial (medsos) sebagai gerakan digital massif agar anak-anak generasi sekarang saat merayakan kelulusan dengan menanam pohon, begitu juga bagi pasangan yang mempunyai anak juga melakukan hal yang sama.

Selain itu pasangan yang melakukan bulan madu juga bisa melakukan tanam pohon dengan menjadikan alam sebagai tempat berlibur.

Sementara itu aktor layar lebar Jefri Nichol mewakili Jefri NichoL Fun Club menyatakan turut mendukung dan ikut sosialisasikan Program Tanam dan Pelihara 25 Pohon Seumur Hidup untuk Bumi.

Jefri bersama Koalisi Lestari Hutanku dan KSDA KLHK DKI akan survey kawasan Mangrove untuk menanam 10.000 batang Mangrove bersama JNF Club di Pantai Indah Kapuk, Muara Angke Jakarta serta10 kota lain di tanah air.

"Mangrove adalah benteng ekosistem pantai dan masyarakat pesisir yang harus kita jaga, saya mendukung program Pak Jokowi dan KemenKLHK ini dengan menanam 25 Pohon selama hidup," kata pemain "Surat Cinta Untuk Starla" itu.

Program menanam mangrove yang akan digelar JNFC tersebut rencananya dilakukan 14 Januari 2018 dengan dihadiri Menteri KLHK Siti Nurbaya serta Pemerhati anak sekaligus Pembina KLH Seto Mulyadi.

"14 Januari 2018 itu usia saya pas 19 tahun, terima kasih Bu Menteri dan Kak Seto karena menfasilitasi bersama fans bisa menanam pohon," ujar Jefri Nichol.

Pewarta: Subagyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017