Serang (ANTARA News) - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan pihaknya sepakat memilih mantan pemain tim nasional asal provinsi ini Muhammad Nasuha untuk "membidani" kelahiran klub sepak bola di bawah pengelolaan Pemprov Banten yang bernama "Banten United".

"Kami percaya di bawah asuhan kedua mantan pemain timnas yang salah satunya pernah dan masih jadi kebanggaan Banten ini, kita bisa memiliki klub sepak bola professional ke depannya," kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy usai membuka Kejuaraan Sepakbola U-18 Piala Gubernur Banten di Stadion Heroik, Grup I Kopassus, Kota Serang, Jumat.

Selain Nasuha, kata Andika, seorang pesepak bola kelahiran Serang yang juga mantan pemain Persib, Imam Riyadi, juga akan dilibatkan dalam membidani kelahiran klub sepak bola yang diharapkan bisa menjadi kebanggaan daerah dan warga Banten tersebut.

Menurut Andika, kemajuan daerah salah satunya didorong oleh rasa memiliki dari warga terhadap daerahnya.

Rasa memiliki yang mendorong pada rasa tanggung jawab terhadap daerahnya itu, kata Andika, akan melekat pada jiwa setiap warga apabila daerahnya memiliki sebuah kebanggan.

"Klub sepakbola adalah salah satu yang bisa menjadi kebanggaan bersama warga," katanya.

Selain itu, kata Andika, pembinaan atlet dan mendorong kemajuan dunia olahraga pada era sekarang ini, adalah sesuatu yang mutlak dilakukan.

Andika mencontohkan, saat ini memiliki profesi sebagai pemain sepakbola professional sudah menjadi hal yang lazim ditemui di kalangan remaja di Indonesia.

"Orang tua kita sekarang juga sudah tidak alergi kalau anaknya memilih menjadi pemain sepakbola, menjadi pemain band dan bekerja di sejumlah profesi yang tersedia di bidang industry kreatif," katanya.

Diketahui, Nasuha adalah pemain timnas kelahiran Serang yang membawa timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF pada tahun 2010. Namun Piala AFF 2010 menjadi penampilan terakhirnya bersama timnas Indonesia di turnamen besar.

Pada tahun 2011 saat bersama Persib, Muhammad Nasuha yang baru saja di beli oleh Persib Bandung di musim 2011-2012 harus mengalami berbenturan dengan lawan yang membuat tulang rawan lutut kirinya pecah.

Pada 2014, Nasuha kembali menginjak lapangan hijau sepak bola dengan bergabung bersama klub divisi 1, Cilegon United.

Adapun Imam Riyadi adalah pemain sepakbola professional yang pernah bermain untuk Persib pada tahun 1990-an. Sebelum menjadi pelatih Cilegon United, Imam adalah pelatih Perserang.

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017