Jakarta (ANTARA News) - Anggota MPR RI Yandri Susanto menegaskan Pancasila memelihara pemahaman bangsa Indonesia atas nilai-nilai kemanusiaan sehingga terhindar perilaku yang bertentangan dengan nilai tersebut.

Dalam sosialisasi empat pilar di Banten, Selasa ia mengatakan pemahaman yang utuh tentang Pancasila akan mendorong terpeliharanya nilai kemanusiaan di tanah air.

Melalui keterangan tertulisnya, ia berharap jangan sampai nilai-nilai Pancasila tergerus dan kemudian membuat bangsa Indonesia kehilangan kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Yandri mengingatkan potensi nilai-nilai itu mulai dilupakan saat ini. "Nilai-nilai Pancasila tergerus karena masuknya pengaruh dari luar. Selain itu kita juga mulai tidak peduli dengan Pancasila, ini sudah menjadi lampu kuning (peringatan-red). Kalau sampai Pancasila hilang bisa berbahaya untuk kelangsungan Indonesia," paparnya.

Terkait nilai-nilai kemanusiaan, Yandri mengatakan kekerasan yang dialami etnis Rohingya di Myanmar juga menunjukkan perlunya nilai-nilai tersebut dihargai.

Dalam rapat paripurna di parlemen beberapa waktu lalu, kata Yandri, ia pernah mengajukan interupsi untuk meminta perhatian pada tragedi kemanusiaan di negara tersebut.

"Saya melakukan interupsi untuk meminta pemerintah melakukan langkah nyata untuk kemanusiaan di Rohingya," katanya.

Yandri berharap melalui sosialisasi empat pilar yang dilakukan oleh MPR, semua kalangan bisa memahami dan menjalankan nilai-nilai Pancasila sehingga bisa lebih menghargai kemanusiaan.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017